Lakukan Hal Ini Saat Gunung Meletus

Sejak kemarin malam, Gunung Agung telah dinyatakan mengalami erupsi dengan memuntahkan debu vulkanik ke angkasa. Hembusan debu vulkanik ini tentu membawa konsekuensi pada daerah sekitar Gunung Agung. Konsekuensi yang paling ditakutkan adalah bahaya kesehatan yang bisa timbul saat debu vulkanik ini terhirup oleh tubuh manusia.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat berada di lokasi yang terdampak hujan debu vulkanik letusan gunung berapi:

Segera tutup semua jendela, pintu dan sumber ventilasi, seperti ventilasi cerobong asap atau tungku.

Matikan AC dan sistem pemanas; dan pindah ke ruang interior tanpa jendela yang berada di atas permukaan tanah.

Untuk melindungi diri Anda dari jatuhan abu vulkanik, cobalah untuk tetap di dalam rumah dan tempatkan handuk lembab di antara pintu dan tanah.

Jika Anda pergi ke luar, kenakan lengan panjang dan celana panjang, kenakan masker sekali pakai dan kenakan kacamata (dan beralih ke kacamata, bukan lensa kontak).

Abu vulkanik sangat berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit pernafasan, juga anak-anak dan lansia, jadi keputusan terbaik adalah tetap berada di dalam rumah.

Setelah letusan, cobalah untuk menghindari mengemudi pada daerah dengan hujan abu vulkanik lebat.

Jika perlu dan dengan sangat hati-hati, bersihkan abu dari atap rumah Anda, karena abu yang berat dapat menyebabkan bangunan runtuh.

Dan mengulurkan bantuan – menjangkau teman dan tetangga, terutama mereka yang mungkin memerlukan bantuan khusus.

Tolong bantu sebarkan informasi ini agar saudara saudara kita bisa mewaspadainya

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...