Dua Kebiasaan Yang Membuat Kamu Tampak Lebih Tua

Siapa sih yang mau terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya? Berbagai upaya dilakukan agar penampilan bisa tetap segar dan awet muda. Namun sebelum menempuh upaya tersebut, ada baiknya kamu membaca sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health.

Menurut studi tersebut, selain merupakan pola hidup yang tidak sehat, merokok dan minum minuman beralkohol ternyata dapat menyebabkan penampilan seseorang tampak lebih tua dari usia sesungguhnya.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Denmark ini melibatkan partisipan sebanyak lebih dari 11.000 orang yang data kesehatannya tercatat dalam database kesehatan kota Copenhagen. Partisipan ini kemudian diikuti pola hidupnya dari tahun 1976 sampai 2003, terutama kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Para peneliti kemudian mencatat dan memeriksa tanda tanda yang berhubungan dengan proses penuaan seperti pembentukan lingkaran abu abu pada sekitar kornea mata, lipatan pada daun telinga, plak pada kelopak mata dan pola kebotakan pada pria.

Peneliti tertarik untuk meneliti tanda tanda penuaan dini ini karena tanda tanda ini bisa dijadikan faktor penting untuk memperkirakan rata rata harapan hidup seseorang. Semakin cepat fisik seseorang mengalami penuaan tentu saja akan semakin pendek harapan hidup orang tersebut.

Hasilnya, wanita yang suka mengonsumsi minuman beralkohol – lebih dari 28 kali dalam seminggu – mengalami peningkatan risiko pembentukan tanda tanda penuaan seperti lingkaran abu abu pada sekitar kornea mata sebanyak 33% lebih tinggi bila dibandingkan dengan wanita yang jarang mengonsumsi minuman beralkohol. Peningkatan risiko yang sama juga terjadi pada pria. Sedangkan peningkatan risiko mengalami lipatan pada daun telinga pada peminum minuman beralkohol sebesar 26% sampai 36%.

Peningkatan risiko serupa juga terjadi pada perokok berat bila dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Satu satunya tanda penuaan yang tidak terbukti berhubungan dengan kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok adalah pola kebotakan pada pria. Hal ini tentu tidak mengejutkan karena pola kebotakan pada pria lebih banyak dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Yang menarik dari temuan ini adalah proses penuaan yang terjadi pada mata ternyata lebih cepat bila dibandingkan dengan masalah pada tekanan darah dan kadar kolesterol. Sayangnya, peneliti belum memiliki ukuran yang valid untuk mengukur perbedaan kecepatan ini termasuk faktor faktor yang menyebabkan.

Dampak buruk minuman beralkohol dan rokok bagi kesehatan bukanlah hal baru. Ada ratusan studi yang telah menyebutkan berbagai macam dampak negatif tersebut dan studi terbaru ini kembali menegaskan bahwa kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok dapat memberi dampak negatif bagi tubuh terutama menyebabkan penuaan dini.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...