Inilah Pengguna Vape Terbanyak

Vape atau rokok elektronik memang sedang beken akhir akhir ini, tapi tahukah kamu siapa pengguna Vape terbanyak? Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam pertemuan tahunan Asosiasi Jantung Amerika Serikat, pengguna Vape terbanyak berasal dari mantan perokok dan peminum minuman beralkohol.

Studi ini menganalisa data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) yang mencatat sebanyak 5.423 orang sebagai perokok aktif sepanjang tahun 2013 sampai 2014. Total 116 (2,6 persen) dari partisipan NHANES merupakan pengguna rokok elektronik.

Baca juga: Rokok Elektronik Dapat Membantu Perokok Berhenti Merokok

Hasil dari studi ini, sebanyak 8% dari partisipan yang menggunakan rokok elektronik mengaku tidak merokok sebelumnya. Sedangkan 6,32% mengaku kerap terpapar asap rokok atau sebagai perokok pasif dan 4,19% adalah peminum minuman beralkohol.

Bila dibandingkan dengan perokok tembakau, pengguna rokok elektronik kebanyakan berasal dari perokok aktif atau mantan perokok. Mantan perokok sendiri, 23 kali lebih besar kemungkinannya untuk menjadi pengguna rokok elektronik, 3 bulan setelah berhenti merokok.

Dari trend itu bisa disimpulkan, semakin lama seseorang berhenti merokok maka akan semakin kecil perbedaan kemungkinan seseorang beralih ke rokok tembakau atau rokok elektronik.

Baca juga: Bahaya Vape Memiliki Potensi Yang Sama Dengan Rokok Tembakau

Asosiasi Jantung Amerika Serikat kembali mengingatkan pentingnya berhati hati menggunakan rokok elektronik karena kandungan nikotinnya. Diperlukan regulasi yang lebih ketat untuk melarang penggunaan rokok elektronik pada anak anak dan remaja.

Bagaimana dengan di Indonesia? Seperti biasa kita masih pesimis untuk masalah regulasi baik rokok tembakau maupun rokok elektronik. Kedua jenis rokok ini dengan mudah diakses oleh segala kalangan termasuk anak anak. Semoga ke depan, pemerintah lebih dibukakan hatinya untuk segera membuat regulasi yang lebih ketat menyangkut hal ini demi kesehatan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...