Inilah Penyebab Payudara Terasa Nyeri Saat Haid

Siklus haid tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seorang wanita. Dari sejak dimulainya masa pubertas sampai dengan dimulainya masa menopause, seorang wanita secara rutin mengalami siklus haid setiap bulan. Namun bagi sebagian wanita, siklus haid ini harus dihadapi dengan sedikit ‘siksaan’ pada organ tubuh tertentu termasuk salah satunya adalah payudara.

Baca juga: Bisakah Perubahan Payudara Untuk Deteksi Kehamilan?

Keluhan yang terjadi pada payudara bahkan bisa dijadikan sebagai prediksi akan datangnya haid. Beberapa hari menjelang datangnya siklus haid, payudara wanita umumnya akan membesar dan nyeri. Saking nyerinya, sebagian wanita harus minum obat obatan pereda nyeri agar tetap bisa beraktivitas dengan normal.

Meskipun tidak semua wanita mengalami keluhan pada payudara saat haid, keluhan ini tidak bisa dianggap remeh. Mengapa tidak bisa dianggap remeh? Sebab sekali seorang wanita mengalami keluhan pada payudara saat haid maka keluhan ini akan terus terjadi setiap siklus haid. Saking hebatnya nyeri dan membengkaknya payudara, sebagian wanita harus mengurangi aktivitas yang dilakukan sehari hari.

Apa penyebab payudara nyeri dan bengkak saat haid?

Dalam dunia medis, nyeri payudara yang dialami seorang wanita saat haid disebut dengan istilah siklus mastalgia. Menurut para ahli, kondisi ini sangat berhubungan dengan fluktuasi hormonal yang terjadi pada saat haid.

Meskipun sampai saat ini penyebab pasti nyerinya payudara saat haid masih belum diketahui, namun diduga kuat hal tersebut terjadi karena fluktuasi hormonal yang terjadi saat haid khusunya peningkatan kadar estrogen  dan progesteron seminggu sebelum haid.

Baca juga: Benarkah Hisap Payudara Menyehatkan?

Peningkatan kadar estrogen menyebabkan payudara membesar dan membengkak sedangkan peningkatan kadar progesteron menyebabkan saluran penyimpanan susu pada payudara mengalami pembesaran. Kombinasi dari kedua hal ini menyebabkan payudara membesar dan nyeri. Fluktuasi hormonal ini juga menyebabkan munculnya jaringan fibrokistik pada payudara yang menambah rasa nyeri pada payudara Jaringan fibrokistik ini termasuk ke dalam tumor jinak yang akan teraba seperti benjolan lunak pada payudara beberapa hari sebelum siklus haid datang.

Nyeri dan membengkaknya payudara juga dialami oleh seorang wanita saat hamil muda. Kondisi ini disebabkan oleh mekanisme yang sama seperti yang terjadi saat siklus haid, cuma bedanya, saat hamil muda, kadar estrogen dan progesteron akan terus mengalami peningkatan sehingga membengkak dan nyerinya payudara akan dirasakan lebih lama.

Apa yang bisa dilakukan saat payudara nyeri?

Minum obat pereda nyeri merupakan salah satu pilihan bila nyeri payudara sudah tidak tertahankan. Namun sebelum memutuskan minum obat, payudara yang membengkak dan nyeri bisa dikompres dengan air hangat untuk membantu meredakan secara alami.

Usahakan memilih bra yang sesuai dengan pembengkakan yang terjadi pada payudara. Bra yang terlalu sempit atau terlalu longgar akan memperparah nyeri payudara yang terjadi. Minum obat obatan kombinasi hormonal juga bisa dijadikan pilihan.

Tidak perlu khawatir, pada sebagian besar kasus, nyeri dan membengkaknya payudara saat siklus haid merupakan sesuatu yang normal dan tidak berbahaya. Nyeri dan bengkak akan segera membaik seiring dengan berlalunya siklus haid.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...