Meningitis Bakteri

Meningitis bakteri adalah penyakit infeksi bakteri yang ditandai dengan adanya inflamasi pada selaput otak (meningen). Sebelum tahun 1990, bakteri Haemophilus influenza tipe B (HiB) merupakan penyebab utama dari meningitis bakteri. Namun setelah maraknya vaksinasi HiB, penyebab utama meningitis bakteri berpindah dari bakteri HiB ke bakteri Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitidis.

Baca juga: Tips Mencegah Gegar Otak

Gejala utama dari meningitis bakteri adalah demam yang tinggi, sakit kepala hebat, kaku kuduk (leher). Gejalanya ini umumnya tampak pada anak yang telah berusia diatas 2 tahun. Gejala meningitis bakteri pada bayi sedikit berbeda dengan anak yang lebih besar. Pada bayi, gejala meningitis bakteri meliputi bayi tampak tidak aktif, rewel, muntah dan tidak mau makan.

Untuk memastikan adanya infeksi bakteri pada selaput otak, pasien disarankan untuk melakukan pemeriksaan cairan otak dan tulang belakang yang diambil melalui penyuntikan pada daerah punggung. Pemeriksaan ini penting untuk memastikan jenis bakteri yang menginfeksi dan pemilihan pengobatan yang tepat untuk infeksi tersebut.

Baca juga: Mengenal Secara Singkat Tentang Tumor Otak Pada Anak

Meningitis bakteri memerlukan pengobatan yang cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi. Pemberian antibiotika yang tepat dapat menurunkan angka kematian.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...