Tips Aman dalam Menyimpan Freon Tabung

Freon banyak digunakan dalam produk-produk mesin pendingin, seperti freezer, ac, chiller, dan lain sebagainya. Biasanya freon dijual dalam bentuk tabung. Freon merupakan gas yang memiliki karakteristik tertentu. Oleh karena itu, penanganan yang baik dan benar saat penyimpanan dan penggunaan sangat diperlukan dan wajib.

Lalu, bagaimanakah tips dan cara menangani freon agar tidak dapat menimbulkan kecelakaan? Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menangani Freon Agar Terhindar dari Kecelakaan

Berikut ini merupakan cara menangani freon agar terhindar dari sebuah kecelakaan :

1. Simpanlah tabung yang berisi freon di lokasi yang kering dan sejuk. Jangan terkena sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan tabung freon meledak akibat dari lama terkena panas matahari.

2. Simpanlah tabung freon pada posisi berdiri. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya kebocoran akibat dari benturan antara tabung dengan benda-benda keras. Jadi, jika tabung freon berada dalam posisi tidur, maka segera ubah posisinya menjadi posisi berdiri agar aman dan dapat terhindar dari terjadinya kebocoran.

3. Sebelum penyimpanan, cek terlebih dahulu apakah ada kebocoran freon atau tidak. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kecelakaan, karena freon mudah terbakar.

4. Jangan pindahkan gas freon yang sudah ada di tabung ke tabung yang lain. Hal itu untuk menjaga kualitas freon karena tabung yang lain bisa jadi memiliki karat, debu, ataupun kotoran lainnya.

5. Jangan buka katup pengaman yang ada di tabung freon. Hal tersebut mencegah kebocoran dan hal-hal yang tidak dinginkan lainnya.

Itulah beberapa tips aman dalam menyimpan freon tabung agar tidak terjadi kecelakaan dan hal-hal lainnya yang tidak diinginkan. Freon juga memiliki berbagai macam jenis dan tiap jenisnya berbeda karakteristik gasnya. Seperti freon R22 beda dengan R410. R22 lebih merusak lapisan ozon dan kurang ramah terhadap lingkungan. Sedangkan R410 lebih ramah terhadap lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon sebesar yang dilakukan oleh R22.

Dikutip dari artikel salah satu distributor penjualan freon di Tangerang, yaitu polarin.co.id bahwa pada saat ini, produsen freon terus berlomba dalam mengembangkan inovasi mengenai jenis freon yang lebih aman untuk lapisan ozon dan tidak mudah terbakar.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...