Tertusuk Serpihan Kayu atau Kaca? Ini Cara Mengeluarkannya Tanpa Rasa Sakit

Pernahkah Anda tertusuk benda-benda tajam yang kecil seperti serpihan kayu, duri, kaca ataupun yang lain?
Pada saat bekerja dengan kaca, kayu atau tanaman yang berduri seperti kaktus, kadangkala membuat kita tertusuk serpihannya. Serpihan yang menusuk ke dalam kaki atau tangan bisa menimbulkan rasa sakit yang mengganggu. Apalagi jika serpihan tersebut kecil dan telah masuk terlalu dalam, maka kita akan kesulitan untuk mengeluarkannya karena tidak mengetahui posisi serpihan tersebut sehingga hal tersebut akan menyebabkan perasaan yang tidak menyenangkan dan timbul rasa nyeri.

Solusi yang sering dilakukan untuk mengeluarkan serpihan tersebut yaitu memakai pisau cukur atau jarum, namun terkadang penggunaan tersebut sulit dan malahan menimbulkan rasa sakit. Nah, berdasarkan info dari dokter.id dan healthmeup, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar mengeluarkan serpihan kayu, kaca, duri tidak merasa sakit.

Gunakan Hidrogen Peroksida

Penggunaan hidrogen peroksida, selain membuat luka steril juga dapat mengeluarkan serpihan tersebut dengan sendirinya. Caranya dengan mengoleskan hidrogen peroksida tersebut ke daerah yang terkena serpihan kayu, kaca ataupun duri.

Gunakan Lakban

Caranya yaitu dengan meletakkan lakban di wilayah yang terkena serpihan tersebut lalu biarkan selama 1 jam. Setelah satu jam, lepaskan lakban tersebut secara perlahan sehingga serpihan tersebut akan ikut tertarik keluar tanpa rasa sakit. Berdasarkan info yang didapat dari lakban.co.id, lakban banyak jenisnya. Oleh karena itu, pilihlah lakban yang tepat untuk mengeluarkan serpihan tersebut.

Gunakan Metode Penghisap

Metode penghisap ini dilakukan dengan memakai botol yang bermulut lebar. Pertama, isi botol tersebut dengan air hangat tapi jangan sampai penuh, sisakan ruang sedikit. Kedua, tekan wilayah yang ada serpihannya dengan kencang berlawanan dengan mulut botol. Cara tersebut akan menghasilkan efek menghisap sehingga serpihan yang ada didalam dapat keluar. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya uap yang dihasilkan oleh air hangat sehingga dapat menarik serpihannya.

Gunakan Baking soda

Caranya adalah, lakukan pencampuran air dengan ΒΌ sendok baking soda lalu diaduk sampai berbentuk pasta kental. Setelah itu, oleskan ke wilayah yang tertusuk serpihan dan balut. Kemudian biarkan selama semalaman. Keesokannya serpihan tersebut akan keluar. Cara ini merupakan yang terbaik untuk mengeluarkan serpihan kayu, duri, kaca dan serpihan kecil lainnya.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...