Jarang Membersihkan AC? Ini Dampaknya

Apakah AC yang ada di rumah atau kantor sering dinyalakan setiap harinya? Jika YA, maka AC tersebut perlu dibersihkan / diservice secara berkala agar tetap awet pemakaian. Air Conditioner (AC) yang jarang dilakukan perawatan maka akan timbul berbagai dampak yang akan merugikan pengguna.

Dampak apa yang akan ditimbulkan jika tidak melakukan perawatan AC? Beberapa dampaknya seperti berkurangnya performa AC sehingga tidak optimal dalam mendinginkan ruangan dan juga bisa berdampak terhadap kesehatan pengguna. Lalu apalagi dampaknya? Yuk, simak dibawah ini.

Dampak Jarang Membersihkan AC

1. Terjadinya AC Overheat

Hal tersebut bisa terjadi jika kipas kondensor yang ada di unit outdoor dilapisi debu yang terlalu tebal sehingga putarannya menjadi lambat dan dapat menyebabkan motor fan akan bekerja lebih keras. Hal tersebut dapat memicu overheat dan jika tidak segera dilakukan pembersihan, maka dapat mengakibatkan kerusakan kompresor dan mempengaruhi kinerja unit AC indoor. Oleh karena itu, perlunya unit outdoor dan kompresor AC atau lebih tepatnya kipas yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari AC dibersihkan secara berkala.

2. Terjadinya AC Bocor

Hal tersebut dapat terjadi jika saluran pembuangan air AC tersumbat akibat tertutup oleh kotoran atau debu. Jika tertutup maka air yang harusnya keluar dari saluran pembuangan, dapat keluar melalui lubang lain di mesin sehingga terjadilah kebocoran air AC. Kebocoran tersebut jika dibiarkan maka akan dapat menyebabkan masalah lainnya pada unit AC. Segeralah menghubungi jasa service AC terpercaya untuk segera memperbaiki kebocoran air AC tersebut.

3. Dapat Menyebabkan Infeksi Pernapasan

Hal tersebut dapat terjadi jika adanya debu yang menumpuk di filter AC. Mengapa bisa seperti itu? Karena filter AC merupakan tempat untuk menyaring berbagai macam kotoran udara dan debu dalam ruangan serta membunuh kuman, bakteri & virus. Jadi, jika debu dan kotoran yang tertumpuk di filter AC tidak dibersihkan, maka debu dan kotoran tersebut akan tersirkulasi ke dalam ruangan kembali sehingga dapat menyebabkan infeksi pernafasan bagi pengguna.

Beberapa dampak diatas semoga dapat memberikan informasi yang jelas tentang bahayanya jika tidak membersihkan / men-service AC secara berkala. Berdasarkan info dari chiller.id, sebaiknya service AC dilakukan setiap 3 bulan sekali.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...