Anthrax

tips pasutri

tips pasutri

Anthrax adalah penyakit infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Anthrax sebenarnya adalah penyakit pada hewan yang bisa menular ke manusia. Hewan hewan yang bisa terkena Anthrax antara lain domba, kuda, sapi, keledai dan beberapa jenis hewan liar lainnya.

Manusia bisa tertular Anthrax saat spora dari bakteri B. anthracis masuk ke dalam tubuh, baik melalui kontak langsung dengan hewan yang sakit maupun kontak dengan daging yang terkontaminasi bakteri Anthrax, gigitan serangga dan menghirup udara yang terkontaminasi bakteri Anthrax. Dalam dunia militer atau terorisme, bakteri Anthrax kerap dimanfaatkan sebagai senjata biologis.

Anthrax kutaneus adalah bentuk yang sangat umum dari penyakit ini. Ditandai dengan adanya luka pada kulit yang dikelilingi oleh pembengkakan pada bagian pinggir luka. Anthrax kutaneus biasanya terjadi bila kulit seseorang kontak langsung dengan hewan yang sakit.

Bila bakteri Anthrax terhirup ke dalam paru paru maka gejala yang terjadi adalah perdarahan pada dada bagian dalam (mediastinum) diikuti oleh penyebaran infeksi yang sangat cepat ke seluruh tubuh. Pada kondisi ini, angka kematian sangat tinggi.

Jadi, jenis dan gejala Anthrax sangat tergantung dari tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh manusia. Bila kontak melalui kulit maka akan muncul Anthrax kutaneus. Bila masuk ke dalam paru paru maka akan terjadi gejala pada sistem pernafasan, sedangkan bila masuk ke dalam perut maka gejala utamanya pada sistem pencernaan.

Bakteri Anthrax mudah mati di bawah sinar matahari langsung. Jadi, spora B. anthracis yang menginfeksi manusia umumnya berada di bagian hewan atau tempat tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Pengobatan Anthrax menggunakan antibiotika dosis tinggi. Untuk Anthrax yang menyerang sistem pernafasan, dibutuhkan antibiotika yang diberikan melalui suntikan. Saat ini telah tersedia vaksin untuk Anthrax, namun distribusinya sangat terbatas dan itupun baru di Amerika Serikat.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.