Inilah Manfaat Super Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Pemirsa, mendengarkan musik itu bukanlah sekedar hiburan semata. Tanpa kalian sadari, ternyata alunan musik sebenarnya telah memberikan perubahan suasana hati alias mood dan bahkan membantu kalian untuk berkonsentrasi, itulah kenapa banyak orang yang sementara bekerja, kemudian mendengarkan musik.

Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, dimana otak ini kemudian bertanggung jawab terhadap segala hal yang berhubungan dengan memori dan pengelihatan anda.

Misalnya saja, penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausalitas antara musik tersebut dengan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks)

Kemudian?

Apa saja manfaat kesehatan dari mendengarkan musik?

1. Dapat meningkatkan kemampuan visual dan verbal

Pendidikan musik bagi anak-anak dapat menstimulasi otak mereka dan mengarah pada meningkatnya kemampuan dalam kecerdasan verbal atau lisannya. Hal ini ternyata didukung oleh sebuah penelitian yang melibatkan anak-anak berusia 4-6 tahun yang memperoleh latihan musik selama satu bulan penuh.

Baca juga: Not angka untuk musik

Nah, latihan tersebut meliputi ritme, nada, melodi, suara, dan konsep-konsep musik dasar. Dan hasilnya, kemampuan mereka dalam memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya ternayta meningkat.

Yang kedua, penelitian yang dilakukan pada anak-anak usia 8-11 tahun menyatakan bahwa mereka yang mengikuti kelas tambahan ekstrakurikuler musik bisa meningkatkan IQ lisan dan kemampuan visualnya dibandingkan dengan mereka yang tak mengikuti kelas musik apapun.

2. Mengurangi tekanan darah

Musik juga terbukti dapat menurunkan blood pressure. Dengan mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi dapat mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya.

Bedasarkan penelitian yang pada pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit, musik Celtic setiap hari ternyata dapat mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

Baca juga: Tutorial untuk hijab untuk kesehatan kulit,

Bagi kalian yang ingin memulai olahraga lari, kalian bisa memulai olahraga dengan mendengarkan musik. Dan tentunya mendengarkan musik saat olahraga lari dapat membuat kalian lari lebih cepat, meningkatkan motivasi olahraga dan pada kahirnya akan berefek pada peningkatan ketahanan tubuh.

3. Redakan stres

Sama dengan poin sebelumnya, mendengarkan musik juga dapat meredakan stress yang kalian alami. Buktinya terletak pada riset yang dilakukan pada tahun 2011 oleh lembaga sosial kesehatan mental, menunjukkan bahwa hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

4. Tingkatkan daya tahan tubuh

Speerti yang kami katakan, musik juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

Wahyu Setiawan

Reach the world, with the word.

loading...