Virus Hepatitis Lebih Banyak Membunuh Orang Dibandingkan Dengan HIV, Malaria Dan TBC

tips pasutri

Meskipun pengobatan infeksi virus hepatitis mengalami banyak kemajuan termasuk kian gencarnya program vaksinasi virus hepatitis, angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini semakin hari semakin meningkat. Menurut data terbaru yang dilansir oleh Global Burden of Disease (GBD), angka kematian penduduk dunia yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis jauh berada diatas angka kematian akibat penyakit HIV, malaria dan tuberkulosis.

Baca juga: 7 Gejala Penyakit Yang Tidak Bisa Diabaikan

Data angka kematian yang diambil dari 195 negara oleh GBD ini secara khusus menyoroti penyebab kematian berdasakan penyebab spesifik seperti infeksi. Dari data tersebut, pada tahun 2016, sebanyak 1,34 juta kematian berhubungan dengan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis. Penyakit penyakit tersebut antara lain kanker liver, sirosis liver, hepatitis A, E, B, C dan D.

Sebagai perbandingan, angka kematian akibat infeksi TB pada tahun yang sama mencapai 1,2 juta orang, infeksi HIV/AIDS 1 juta orang dan malaria mencapai 719.000 orang.

Secara umum, infeksi virus hepatitis kembali masuk ke dalam 10 besar penyebab kematian terbesar penduduk dunia. Infeksi virus hepatitis bersaing bersama dengan penyakit jantung, kecelakaaan lalu lintas dan penyakit alzheimer.

Untuk mengatasi masalah ini, para penggiat hepatitis yang tergabung dalam World Hepatitis Alliance (WHA) menyarankan untuk menggalakan kembali pemeriksaan hepatitis dan perbaikan standar diagnosis untuk infeksi virus hepatitis. Menurut organisasi ini, hanya 5% penduduk dunia yang terinfeksi virus hepatitis menyadari dirinya telah terinfeksi.

Masih berdasarkan data yang dikeluarkan GBD, selama 10 tahun terakhir, ada beberapa penyakit infeksi yang mengalami penurunan kasus kematian. Penyakit penyakit itu antara lain, diptheria mengalami penurunan sampai 66,4%, tetanus (59,5%), campak (72,5%), leishmaniasis (54,1%), trypanosomiasis (76,3%).

Sedangkan angka kematian yang disebabkan oleh TB mengalami penurunan sampai 20,9%, HIV/AIDS (45,8%), infeksi saluran nafas bawah (8,2%), infeksi saluran nafas atas (26,2%), meningitis (8,4%), malaria (25,9%), schistosomiasis (22,1%), yellow fever (11,8%), rabies (47,4%) dan infeksi menular seksual (26%).

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Satu tanggapan untuk “Virus Hepatitis Lebih Banyak Membunuh Orang Dibandingkan Dengan HIV, Malaria Dan TBC

Komentar ditutup.