Fibromyalgia

tips pasutri

tips pasutri

Fibromyalgia adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri kronis, kekakuan dan bengkak pada otot, tendon dan sendi tanpa terlihat adanya tanda tanda radang. Fibromyalgia tidak menyebabkan kecacatan atau gangguan bentuk tubuh.

Baca juga: Makanan Kaya Protein Membantu Menguatkan Otot

Sebagian besar atau 90% penderita fibromyalgia adalah mereka yang mengalami kelelahan berat setelah melakukan aktivitas yang berat. Fibromyalgia juga kerap dialami oleh mereka yang menderita gangguan tidur. Dalam beberapa kasus, terjadinya fibromyalgia berhubungan dengan penyakit rematik lainnya dan gangguan pada sistem pencernaan.

Tidak ada pemeriksaan khusus untuk mendiagnosa fibromyalgia. Umumnya diagnosa fibromyalgia ditegakan setelah menyingkirkan semua diagnosa lain yang berhubungan dengan keluhan pasien.

Baca juga: Pentingnya Mengencangkan Otot Inti untuk Mempersiapkan Kehamilan

Pengobatan yang paling efektif terhadap fibromyalgia adalah kombinasi antara penyuluhan, meredakan stress, olahraga dan obat obatan.

Dulu, fibromyalgia dikenal dengan istilah fibrositis

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.