Penderita Asma Sebaiknya Mulai Memperhatikan Gusi, Ini Alasannya

tips pasutri

tips pasutri

Penderita asma sebaiknya mulai memperhatikan kesehatan gusi sebab menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology, ada hubungan yang kuat antara asma dengan penyakit gusi.

Studi yang dilakukan di Brasil ini mempelajari dan menganalisa data dari 21 paper penelitian yang dipublikasikan dari tahun 1979 sampai 2017, terutama yang membahas hubungan antara asma dengan penyakit gusi atau dikenal dengan istilah periodontitis.

Dari 120.000 orang yang dianalisa datanya, ditemukan 18,8% penderita asma lebih mudah mengalami penyakit gusi bila dibandingkan dengan mereka yang bukan penderita asma. Sayangnya studi ini gagal menemukan hubungan sebab akibat antara asma dengan penyakit gusi.

Sebelumnya, penyakit gusi kerap dihubungkan dengan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit paru obstruksi kronis (PPOK) dan diabetes.

Baca juga: Tips Mengatasi Gusi Bengkak

Beberapa gejala penyakit gusi yang bisa diamati antara lain:

  • Bengkak kemerahan pada gusi
  • Gusi berdarah saat menggosok gigi
  • Bau nafas kurang sedap yang sifatnya menetap

Baca juga: 7 Tips Mencegah Masalah Pada Gusi

Untungnya, penyakit gusi dapat dengan mudah dicegah yaitu dengan cara menggosok gigi menggunakan pasta gigi ber-flouride secara rutin dua kali sehari. Bila sudah terkena penyakit gusi, pengobatan pun bisa dilakukan dengan efektif oleh dokter gigi.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *