Sering Mendonorkan Darah Tidak Selalu Aman, Ini Alasannya

tips pasutri

tips pasutri

Donor darah merupakan salah satu cara membantu sesama yang paling banyak dilakukan orang. Selama seseorang memenuhi syarat, donor darah disebutkan tidak akan menganggu kesehatan. Namun, studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet memiliki pendapat yang berbeda.

Bagi kebanyakan orang, donor darah setiap 8 minggu dapat dilakukan dengan aman, namun bagi sebagian orang, rentang waktu 8 minggu ternyata tidaklah begitu aman. Untuk orang orang yang seperti ini, para ahli menganjurkan rentang waktu donor darah adalah 12 sampai 16 minggu.

Baca juga: Persiapan Sebelum Donor Darah

Di Indonesia sendiri, donor darah memang dianjurkan setiap 3 bulan sekali, meskipun di beberapa negara eropa dan Amerika Serikat, donor darah boleh dilakukan setiap 8 minggu atau 2 bulan sekali.

Studi yang cukup besar karena melibatkan 45.000 pendonor ini ingin mendapatkan jawaban, apakah rutin melakukan donor darah memiliki dampak negatif bagi kesehatan?

Jawaban yang didapatkan dari studi ini adalah “tergantung”.

Dari studi yang dilakukan selama dua tahun, tidak ditemukan adanya masalah kesehatan serius pada mereka yang melakukan donor darah secara rutin (8 minggu sekali untuk pria dan 12 minggu sekali untuk wanita). Masalah kesehatan serius disini antara lain berkurangnya energi yang parah, gangguan mental dan gangguan kualitas hidup.

Baca juga: Sekelumit Tentang Transfusi Darah

Namun pada beberapa orang, setelah donor darah secara rutin selama dua tahun ditemukan adanya anemia karena kekurangan zat besi yang ditandai dengan rasa pusing, lesu dan sulit bernafas.

Dari hasil studi ini, para ahli menyimpulkan, donor darah aman dilakukan secara rutin oleh siapa saja selama memenuhi syarat sebagai pendonor. Namun yang perlu diperhatikan adalah frekuensi donor darah yang dilakukan sebaiknya jangan terlalu pendek bila donor darahnya dilakukan dalam jangka panjang atau lebih dari 2 tahun. Frekuensi yang pendek bisa dilakukan bila ada kebutuhan mendesak untuk donor darah.

Menolong sesama itu wajib, namun keselamatan diri sendiri juga harus diperhatikan, selamat berdonor darah.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.