Gunung Agung Naik Status Menjadi Awas

Malam ini menurut laporan dari PVMBG Badan Geologi yang disampaikan oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, status Gunung Agung dinaikan dari Siaga (level 3) menjadi Awas (level 4). Artinya, Gunung Agung malam ini berada dalam level tertinggi dalam status pergunungapian.

Dengan peningkatan status ini maka seluruh aktivitas manusia pada radius 12 Km dari kawah Gunung Agung harus dihentikan. Penduduk yang tinggal di beberapa desa yang berada di lereng dan kaki Gunung Agung diharapkan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Sampai malam ini, para pengungsi sudah tersebar di berbagai posko pengungsian yang ada di beberapa kabupaten di Bali. Posko posko ini juga dilengkapi dengan posko kesehatan yang siap memberikan pelayanan kesehatan bila diperlukan. Posko posko pengungsian khususnya bidang kesehatan dikoordinasi langsung dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem.

Menilik sejarah meletusnya Gunung Agung pada tahun 1963, gunung ini bersifat eksplosif artinya ada lontaran magma dan lelehan lava yang mengalir di lereng Gunung Agung menuju pantai di bagian utara dan tenggara. Pada saat itu, beberapa desa tertimbun lava dengan korban jiwa lebih dari 1000 orang.

Jika kali ini Gunung Agung meletus, mudah mudahan letusannya tidak sedahsyat 54 tahun yang lalu sehingga korban jiwa bisa ditekan.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *