Penggunaan Ponsel Saat Hamil Tidak Berhubungan Dengan Tumbuh Kembang Saraf Anak

Ada berita mengembirakan nih buat para ibu hamil yang gemar memainkan ponsel. Menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Public Health, penggunaan ponsel pada saat hamil, tidak memiliki efek samping berupa gangguan tumbuh kembang saraf pada janin. Temuan ini sekaligus memberi bukti tambahan terhadap tidak adanya pengaruh frekuensi radio elektromagnetik pada ponsel dengan tumbuh kembang saraf pada janin di dalam kandungan.

Baca juga: Mengenal Secara Singkat Tentang Tumor Otak Pada Anak

Menurut Dr Eleni Papadopoulou, pimpinan peneliti dari Norwegian Institute of Public Health, alasan dia bersama tim melakukan penelitian ini karena adanya kekhawatiran dampak dari frekuensi radio elektromagnetik yang dipancarkan ponsel pada janin di dalam kandungan saat dilakukan percobaan pada hewan. Meskipun hasil yang didapat saat itu sangat inkonsisten, dia bersama tim merasa perlu untuk melakukan pembuktian lebih lanjut.

Pada penelitian ini, data dianalisa dari populasi wanita hamil di Norwegia yang ikut dalam studi cohotr MoBa. Jumlahnya sekitar 45.389 pasangan ibu dan anak yang diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang penggunaan ponsel saat hamil melalui kuisioner yang dibagikan. Tumbuh kembang saraf anak diikuti sampai anak berusia 3 dan 5 tahun.

Uniknya, menurut Professor Jan Alexander yang juga ikut dalam penelitian ini, penggunaan ponsel saat hamil justru memiliki dampak positif terhadap anak yang dilahirkan. Dampak positif tersebut antara lain penurunan risiko anak mengalami penurunan kemampuan bahasa dan motorik saat mereka berusia 3 tahun.

Baca juga: Apakah Ciuman Bisa Menyebabkan Kehamilan?

Lebih lengkap hasil penelitian diatas yakni, anak anak yang terlahir dari ibu pengguna ponsel mengalami penurunan risiko gangguan pengucapan kalimat kompleks sampai 27%, penurunan risiko perlambatan pengucapan kosakata sampai 14%, penurunan risiko mengalami keterlambatan bicara saat usia 3 tahun sampai 31%. Mereka juga menemukan, anak anak yang terlahir dari pengguna ponsel mengalami penurunan risiko gangguan kemampuan motorik sampai 18% saat menginjak usia 3 tahun.

Studi yang terbilang besar ini menyimpulkan bahwa penggunaan ponsel saat hamil tidak memiliki hubungan dengan risiko gangguan tumbuh kembang saraf pada janin.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...