Rokok Elektronik Dapat Membantu Perokok Berhenti Merokok

Dibalik segala efek buruknya, rokok elektronik atau vape ternyata dapat digunakan untuk membantu perokok menghentikan kebiasaan merokoknya. Demikian kesimpulan dari studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ.

Selama ini, para perokok menggunakan tambalan nikotin, permen karet dan obat obatan untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok. Belum ada konsesus yang mengamini penggunaan vape untuk membantu perokok berhenti merokok. Studi ini menjadi salah satu studi terbesar yang memberi jawaban atas manfaat vape untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Menurut Peter Hajek, direktur kesehatan dan gaya hidup Universitas Queen Mary, London, rokok elektronik selama ini memang digunakan sebagai pengganti rokok tembakau.

Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah perokok tembakau mengalami penurunan yang cukup signifikan. Upaya yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat dengan menaikan cukai rokok dan maraknya iklan anti rokok, cukup memiliki andil dalam penurunan jumlah perokok di negara tersebut.

Rokok elektronik sendiri mulai dijual di Amerika Serikat sejak tahun 2007. Sebagian besar perokok mengaku beralih ke rokok elektronik untuk menghindari dampak buruk dari rokok tembakau.

Penelitian ini menggunakan data sensus penduduk Amerika Serikat dalam kurun waktu 15 tahun antara tahun 2001 sampai 2015. Data tersebut kemudian dianalisa dan dilihat jumlah penduduk dewasa yang menjadi pemakai vape.

Sekitar dua pertiga dari pengguna vape mengaku berusaha untuk menghentikan kebiasaan merokok, sedangkan 40% bukan merupakan pengguna vape. Studi ini kemudian menemukan, pengguna vape memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi saat berusaha berhenti merokok.

Meskipun vape memiliki manfaat membantu perokok menghentikan kebiasaan merokok, vape sendiri sejatinya juga mengandung zat kimia yang efeknya juga buruk bagi tubuh. Untuk menghindari efek buruk lain dari vape maka upaya menghentikan kebiasaan merokok dengan alami berdasarkan niat yang kuat akan jauh lebih bagus.

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...