Inilah Manfaat Minyak Atsiri Untuk Kesehatan

tips pasutri

tips pasutri

Minyak atsiri sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat. Dari sisi bisnis, usaha penyulingan minyak atsiri juga sangat besar. Minyak atsiri adalah salah satu jenis minyak yang dihasilkan dari bagian batang, kulit, daun, akar, bunga dan berbagai bagian tumbuhan yang lain dengan proses destilasi. Minyak atsiri biasanya memiliki aroma khusus sesuai dengan jenis bahan tumbuhan yang digunakan. Minyak atsiri memiliki sifat mudah menguap dan konsentrasi yang tinggi.

Dalam minyak atsiri ditemukan beberapa senyawa kimia dan bersifat menenangkan, sehingga sering digunakan untuk berbagai produk kesehatan. Beberapa diantaranya sudah kita kenal seperti minyak kayu putih, minyak cengkeh, pepermin, mentol dan lainnya. Minyak atsiri yang tergolong aromaterapi tidak hanya berbau harum tapi dapat berfungsi untuk penyembuhan dan meningkatkan kesehatan.

Berikut manfaat dan cara penggunaan dari beberapa minyak atsiri

Minyak Peppermint

Berguna untuk membantu meringankan rasa sakit di daerah pencernaan. Minyak jenis ini sangat kuat dan dapat menyebabkan iritasi kulit, untuk itu ketika akan menggunakannya harus dicampur dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa atau atau minyak zaitun.

Cara menggunakannya : Campur 1 sendok teh minyak peppermint dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan 1-2 tetes langsung ke daerah yang sakit. Penggunaan untuk sakit kepala, pijat perlahan di daerah sinus, hindari jangan terkena mata. Untuk sakit perut, oleskan 1 sampai 2 tetes di perut sambil diusap agar meresap ke dalam kulit.

Minyak peppermint juga dapat membantu menurunkan demam. Cara menggunakannya yaitu masukkan 1 sampai 2 tetes ke dalam air hangat dan diaduk, lalu dihirup, atau campurkan beberapa tetes dengan minyak kelapa atau minyak zaitun lalu oleskan ke kaki terutama telapak kaki.

Minyak Lemon

Dapat berfungsi sebagai antiviral dan antiseptik, dan rasanyapun enak. Tambahkan 1 sampai 2 tetes minyak ke dalam botol air matang juga dapat diberikan ke dalam botol minum anak anda ketika berangkat ke sekolah, akan bermanfaat untuk memberi ketahanan tubuh bila sering diminum.

Minyak lemon dapat dioleskan secara topikal pada kulit yang terluka seperti tersayat pisau atau luka di lutut bahkan juga untuk luka yang lebih dalam. Selain minyak lemon ada juga minyak yang terdiri dari campuran minyak serai, rosemary, melaleuca, lavandin dan myrtle yang memiliki sifat antiseptik, antivirus, antibakteri, anti jamur dan sanitasi.

Minyak Untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Minyak yang dikenal dapat membantu memperbaiki kualitas tidur adalah minyak lavender dan minyak Peace & Calming, yaitu perpaduan antara minyak jeruk keprok, kenanga, nilam dan tansy biru. Sedangkan untuk mengurangi tidur yang gelisah biasanya menggunakan minyak Valor, yaitu campuran antara cemara, rosewood, tansy biru dan kemenyan.

Cara penggunaannya yaitu gosok 1 sampai 2 tetes di dada atau bantal, atau bisa gunakan diffuser minyak.

Selain itu minyak lavender juga ngatasi masalah pada kulit akibat dari sengatan sinar matahari hingga sengatan lebah. Langsung dioleskan pada daerah kulit yang bermasalah.

Minyak Untuk Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Ketika terjadi perubahan cuaca maka kadang-kadang tubuh mudah sakit dan menjadi lemah penyakit flu ataupun pilek sering terjadi akibat perubahan cuaca tersebut, untuk itu perlu tindakan agar tubuh memiliki kekebalan ekstra terhadap penyakit. Dengan menggunakan campuran minyak tertentu dapat memberikan keluarga Anda kekebalan ekstra. Campuran minyak tersebut terdiri dari cengkeh, lemon, kulit kayu manis, radius eukaliptus dan rosemary cineol. Minyak campuran tersebut dapat dianggap sebagai antivirus dan antibakteri, dan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan flu atau pilek. Cukup oleskan 1 sampai 2 tetes ke kaki bagian bawah atau telapak kaki.

Minyak Atsiri Untuk Perawatan Rambut

Minyak atsiri juga digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Minyak atsiri yang didapatkan dari berbagai tanaman bisa membuat rambut menjadi lebih lembut, membuat otot kepala menjadi santai, membersihkan kulit kepala dan merawat kesehatan rambut. Bahkan manfaat minyak atsiri tertentu bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan rambut seperti ketombe, kulit kepala kering, gatal dan rambut rontok. Beberapa jenis bahan yang sering digunakan biasanya berasal dari tanaman teh hijau, buah jeruk, orang-aring, pohon waru dan berbagai bahan lain.

Minyak Atsiri Sebagai Bahan Krim Untuk Kulit

Semua jenis krim alami yang digunakan untuk perawatan kulit biasanya memakai bahan minyak atsiri sebagai komponen utama. Minyak atsiri memiliki sifat yang bisa menenangkan dan membuat kulit menjadi lebih santai. Produk yang menggunakan minyak atsiri biasanya tidak membuat efek khusus untuk kulit sehingga sangat aman untuk digunakan.

Catatan : Sebelum menggunakan, minyak atsiri alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau praktisi perawatan kesehatan Anda mengenai minyak yang akan anda gunakan juga keluarga, apakah akan ditelan atau digunakan secara secara topikal. Bacalah semua bahan untuk memastikan tidak ada satu keluarga Anda yang alergi, dan cobalah ditempelkan sedikit pada kulit sebelum mengoleskannya.

Sumber : Nici Holt Cline from ehow

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

Adin Harbin

Asli dari Bogor, sekarang menetap di Solo bersama keluarga Lulusan SI MIPA Biologi Hobi sekarang menulis