Dokter Mengeluarkan Feses Seberat 13 Kilogram Dari Perut Pria Ini

Tim dokter dari Tiongkok berhasil mengeluarkan feses seberat 28 pon atau sekitar 13 Kilogram dari perut seorang pria yang mengaku menderita sembelit sejak lahir.

Pria yang kini berusia 22 tahun ini, mengalami pembesaran usus besar sepanjang 76 cm. Menurut tim dokter dari Tenth People’s Hospital , Shanghai, Tiongkok, pria yang tidak disebutkan namanya ini diduga menderita penyakit Hirschsprung, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada saluran cerna akibat ganngguan dari serat saraf yang melayani saluran cerna.

Sebelum dilakukan pengangkatan usus, pria ini tampak seperti wanita yang sedang hamil 9 bulan akibat dari besarnya timbunan feses di dalam saluran cerna.

Menurut pria ini, dia mengalami sembelit sejak bertahun tahun dan selama ini menggunakan pencahar untuk mengatasinya, namun efek pencahar cuma berlangsung sementara. Akhirnya karena tidak kuasa lagi menahan sakit, dia memutuskan untuk ke rumah sakit.

Menurut dokter yang menangangi, operasi pengangkatan usus yang membesar berlangsung sekitar 3 jam. Setelah diangkat, kedua ujung harus dijahit agar feses yang ada di dalamnya tidak jatuh.

Penyakit Hirschsprung adalah gangguan pada serat saraf yang melayani usus sehingga terjadi gangguan pergerakan usus yang berujung pada tidak berjalannya feses sebagaimana mestinya.

Penyakit hirschsprung dialami 1 dari 5000 bayi, umumnya pada bayi laki laki. Penyakit ini jarang ditemukan pada orang dewasa.

Umumnya, penyakit hirschsprung berhubungan dengan kelainan genetik lainnya seperti sindrom down dan kelainan bawaan lainnya. Gejala penyakit hirschsprung umumnya mudah dideteksi saat bayi baru lahir meskipun kadang kadang baru bisa dideteksi beberapa bulan kemudian.

Pada bayi, gejala penyakit hirschsprung antara lain tidak bisa pup lebih dari 48 jam setelah dilahirkan, perut membengkak, kembung, diare dan muntah berwarna hijau.

Pengobatan utama dari ini adalah operasi pengangkatan bagian usus yang bermasalah.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

loading...