Sahabat Lebih Penting Dari Keluarga. Ini Alasannya…

Pernahkah kamu berpikir jika keluarga jauh lebih penting dari seorang sahabat? Mungkin kamu harus memikirkan ulang, sebab menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Personal Relationships, sahabat sedikit demi sedikit akan semakin penting bagi kesehatan dan kebahagiaan seiring dengan meningkatnya usia seseorang. Faktanya, mendapatkan dukungan dari sahabat saat usia lanjut memiliki pengaruh yang lebih penting bila dibandingkan dengan hubungan kekeluargaan yang kuat.

Studi ini menggabungkan dua temuan pada dua studi sebelumnya tentang hubungan antar manusia. Pada studi pertama, William Chopik melibatkan lebih dari 270.000 orang dari hampir 100 negara dan menemukan baik keluarga maupun sahabat memiliki hubungan yang penting dalam kesehatan dan kebahagiaan secara umum. Namun, pada usia lanjut, hubungan ini berubah alias hanya orang orang yang memiliki persahabatan yang kuat yang akan menikmati kesehatan dan kebahagiaan yang lebih baik.

Pada studi yang kedua, Chopik melakukan analisa secara terpisah dari hampir 7.500 orang usia lanjut di Amerika Serikat. Dari analisa ini dia menyimpulkan, bukan hanya memiliki sahabat yang penting, kualitas persahabatan pun sangat berpengaruh dalam kesehatan dan kebahagiaan seseorang di usia lanjut.

Saat mereka mengaku sahabat sebagai sumber masalah, mereka kebanyakan menderita penyakit kronis (uniknya hal ini tidak terjadi pada mereka yang mengatakan keluarga sebagai sumber masalah). Sedangkan mereka yang mengaku sahabatnya sebagai sumber dukungan, mereka rata rata berbahagia.

Menurut Chopik, temuan ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Tidak seperti keluarga, seseorang dapat memilih sahabat yang mereka inginkan. Beberapa studi memang menyebutkan, kita lebih bahagia saat bersama sahabat bila dibandingkan dengan bersama keluarga. Mereka dapat melakukan hal hal yang menyenangkan bersama keluarga, sementara bila bersama keluarga, mereka kerap melakukan hal hal yang serius dan monoton.

Memiliki sahabat dekat pada usia lanjut sebenarnya telah diuji oleh waktu. Mereka biasanya akan mempertahankan sahabat yang mampu membuatnya bahagia atau setidaknya bermanfaat bagi kehidupan mereka. Pada kenyataannya, kebanyakan sahabat yang tidak terlalu dekat akan menghilang seiring dengan perjalanan waktu dan hanya akan menyisakan sahabat sahabat yang berpengaruh.

Selama ini, kekuatan persahabatan dalam hubungannya dengan kesehatan fisik dan mental sering diabaikan oleh para peneliti – khususnya pada mereka yang berusia lanjut. Para peneliti menganggap, pasangan hidup dan anak anak jauh lebih penting dalam kesehatan seseorang bila dibandingkan dengan persahabatan.

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...