4 Hal Ini Bikin Bayi Anda Susah Tidur

Sahabats, terkadang bayi pasti mengalami saat-saat ia susah tidur. Jika biasanya pada jam tertentu, bayi tidur dengan pulas, kok tiba-tiba ia menjadi susah tidur. Padahal setelah diamati, bayi tidak nampak sakit, aktivitasnya juga lincah, lalu mengapa bayi susah tidur? Ada beberapa hal yang bikin bayi Anda susah tidur.

Apa sajakah hal yang bisa bikin bayi Anda susah tidur?

Nah, 4 hal ini bisa bikin bayi Anda susah tidur:

1. Lapar

Saat bayi lapar, ia akan susah tidur. Biasanya bayi pun akan rewel jika ia lapar. Terkadang pada malam hari saat bayi tiba-tiba menjadi susah tidur karena merasa lapar, bayi Anda akan mencuri perhatian Anda dengan menghentak-hentakkan kaki dan tangannya.

Bayi juga berusaha menggunakan body language dengan menarik-narik atau menggosok-gosok telinganya dengan tangan dan memasukkan tangan ke dalam mulutnya. Seolah ia berkata, “Ibu, aku lapar loh”. Jika Anda belum bisa menafsirkan maksud bahasa tubuh bayi, biasanya ia akan mencari perhatian Anda dengan lebih gigih lagi, yaitu dengan cara menangis.

Karena itu, jika bayi bunda susah tidur, kemungkinan karena lapar, maka cobalah untuk memberinya makan. Makanan bayi yang berusia kurang dari 6 bulan adalah ASI atau jika memang Anda tidak menyusui, berilah susu formula pada bayi. Untuk bayi yang berumur lebih dari 6 bulan dan sudah memulai MPASI nya, Anda bisa memberinya biskuit atau bubur saring agar cepat membuat bayi Andakenyang dan akhirnya si Kecil bisa tertidur dengan pulas.

2. Kolik

Kolik adalah suatu keadaan di mana bayi terlalu banyak menelan udara sehingga ia merasa tidak nyaman dalam saluran pencernaannya. Kolik menjadi penyebab tersering bayi susah tidur dan rewel. Secara statistik, 1 dari 5 bayi terserang kolik.

Kolik biasanya terjadi pada bayi berusia 4 bulan ke bawah. Kolik dapat disebabkan karena memang fungsi pencernaan bayi belum berjalan secara sempurna sehingga sistem pencernaan bayi sangat sensitif. Apalagi jika bayi tidak minum ASI, susu formula yang mengandung protein hewani cukup tinggi bisa mengiritasi sistem pencernaan bayi yang masih sensitif. Bayi dapat merasa kembung, sulit buang air besar, dan tidak bisa kentut.

Jika bayi susah tidur karena kolik, biasanya ia akan sangat rewel dan sering menangis. Karena bayi ingin memberitahu pada Anda betapa tidak nyamannya ia. Anda bisa membantu bayi untuk meredakan koliknya dengan menggendongnya dengan posisi vertikal. Dada bayi menempel pada bahu Anda. Cara ini akan membantu bayi bersendawa.

Anda juga dapat melakukan masase pada perut bayi. Gerakan masase perut bayi di mulai dari perut bayi kanan bawah – ke atas sampai di perut bagian atas – lalu ke perut kiri bagian bawah. Masase dilakukan pelan-pelan sekali tanpa ditekan, ya.

Sebenarnya kolik dapat dicegah, yaitu dengan memberikan ASI untuk bayi. Bayi yang diberikan ASI hampir tidak pernah mengalami kolik.

Selain itu, usahakan selalu menggendong bayi dalam posisi vertikal setelah ia minum ASI atau susu formula. Biarkan bayi bersendawa untuk melegakan perutnya dari gas-gas yang tertelan.

3. Kedinginan Atau Kegerahan

Beberapa bayi sudah terbiasa dengan alat pendingin ruangan. Saat suhu ruangan tidak sesuai menurut bayi, ia akan susah tidur. Sangat mudah untuk segera mengetahui bayi bunda kegerahan. Ia akan berkeringat, gelisah, dan susah tidur.

Sebaliknya, bayi akan susah tidur juga saat ia kedinginan. Untuk mengenali bayi merasa kedinginan, cek anggota gerak bayi Bunda. Jika jari-jari tangan dan kaki si Kecil teraba dingin atau lebih dingin dari tubuhnya maka kemungkinan bayi Anda kedinginan.

Sangat baik jika Anda menyediakan alat pengukur suhu tubuh bayi di rumah. Saat bayi memiliki suhu tubuh di bawah 36,5 derajat celcius, ia mengalami hipotermia. Segera selimuti bayi dan konsultasikan hal ini ke Dokter Anak agar hipotermia tidak berlanjut.

4. Gigi Tumbuh

Saat gigi akan tumbuh, bayi akan merasa sangat tidak nyaman. Rasa nyeri sebelum tunas gigi berhasil melampaui gusi akan membuat bayi susah tidur. Selain susah tidur, bayi juga merasa gelisah, rewel, bahkan suhu tubuhnya mengalami kenaikan.

Suhu tubuh bayi dapat naik menjadi 38 derajat celcius. Jika saat gigi tumbuh, kenaikan suhu tubuh bayi mencapai lebih dari 39 derajat celcius, kemungkinan ada penyakit infeksi atau penyakit lain yang menyertai.

Anda dapat membantu bayi susah tidur akibat gigi tumbuh dengan memeluk, menggendongnya, agar ia merasa lebih nyaman. Biasanya bayi susah tidur karena gigi tumbuh dapat berlangsung 1 – 2 malam.
Inilah 4 hal yang bisa bikin bayi Anda susah tidur. Semoga bermanfaat.

dr.Hj.Dini Derin

Seorang ibu dari 4 orang anak, istri dari seorang abdi negara yang berpindah-pindah tugas, yang kebetulan berprofesi sebagai Dokter, mencoba untuk tetap bisa berbagi informasi kesehatan pada masyarakat dengan cara nge-blog.

Tinggalkan Balasan

loading...