Mengapa Perut Saya Sakit Saat Batuk?

tips pasutri

tips pasutri

Pertanyaan:

Ass dok, ketika batuk perut sy terasa sakit yg hebat entah di bagian atas bawah atau kiri pokonya setiap batuk perut sy terasa sakit. Setiap batuk sy mengganjel perut sy pake bantal agar tidak terlalu terasa. Skt nya menetap bukan setiap batuk kerasa tp setiap batuk rasanya lebih sakit. Kira2 saya sakit apa ya? Apakah riwayat sakit magh sy ada hubungannya? Atau sy mengalami skt yang lain? Bagaimana cara penyembuhannya dok. Mohon di bantu ya, terimakasih.

Jawaban:

Batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang ada di saluran pernafasan. Sesuatu itu bisa berasal dari luar misalnya debu, asap, polusi dan lain lain, bisa juga berasal dari saluran nafas itu sendiri misalnya dahak yang mengental.

Secara umum, kebanyakan penyebab batuk bukanlah sesuatu yang berbahaya. Penyebab itu antara lain karena infeksi virus, iritasi pada saluran nafas, alergi, jamur, bakteri dan lain lain. Batuk yang disebabkan oleh virus, iritasi dan alergi – merupakan penyebab tersering – bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun bila batuk telah berlangsung lebih dari 3 minggu maka harus dipikirkan adanya penyebab lain yang lebih serius.

Saat batuk, sebagian besar otot tubuh berkonstraksi terutama otot otot bagian dada, diafragma dan perut. Konstraksi ini tentu dibutuhkan untuk meningkatkan energi batuk sehingga benda asing yang ada di saluran nafas bisa dikeluarkan. Sayangnya, otot otot yang sering konstraksi ini lama lama akan mengalami kelelahan sehingga timbul rasa sakit. Kondisi ini biasanya terjadi bila batuk berlangsung lama.

Konstraksi otot ini juga membutuhkan energi yang tidak sedikit. Itu sebabnya orang yang menderita batuk lama, badannya akan mengurus bila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan berenergi yang cukup.

Apa yang dilakukan bila otot otot perut dan dada nyeri saat batuk? Sebenarnya yang harus dilakukan pertama adalah mencari biang kerok penyebab batuk. Bila batuknya dapat disembuhkan atau diredakan maka nyeri pada otot otot itu juga akan ikut mereda. Namun bila tidak tahan dengan sakitnya, daerah yang nyeri bisa dikompres hangat atau minum obat pereda sakit.

Apakah ada hubungannya dengan maag? Bila nyeri terutama timbul saat batuk maka kecil kemungkinan keluhan tersebut berhubungan dengan penyakit maag.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.