Miss V Berbau Kurang Sedap? Silakan Baca Penyebabnya

tips pasutri

tips pasutri

Dalam kondisi normal, Miss V memang memiliki aroma yang khas. Namun, bila aroma yang tercium menyengat dan kurang sedap misalnya bau amis, maka kemungkinan ada masalah pada Miss V-nya.

Miss V yang berbau kurang sedap kebanyakan terjadi akibat infeksi atau masalah lain yang berhubungan dengan kesehatan Miss V. Selain bau yang kurang sedap, kondisi ini umumnya disertai dengan gejala lain seperti gatal, rasa panas, iritasi dan keputihan.

Aroma Miss V sejatinya bervariasi seiring dengan siklus menstruasi seorang wanita dan kehidupan seksualnya. Keringat juga berperanan dalam membentuk aroma pada Miss V. Ada sebagian wanita berusaha menghilangkan aroma tidak sedap pada Miss V dengan cara douching dan menggunakan deodoran Miss V, sayangnya usaha ini justru akan menambah masalah yakni timbulnya iritasi dan keluhan lain pada Miss V.

Vaginosis bakteri – pertumbuhan abnormal bakteri pada Miss V – merupakan penyebab yang umum infeksi Miss V yang menimbulkan bau yang kurang sedap. Trichomoniasis – infeksi menular seksual – juga dapat menyebabkan Miss V berbau kurang sedap. Sedangkan infeksi chlamydia dan gonorrhea serta jamur tidak menyebabkan Miss V berbau kurang sedap.

Kesimpulannya, bila Miss V-mu berbau kurang sedap dan kamu tidak mengalami gejala lain pada Miss V maka kemungkinan besar bau itu adalah normal.

Berikut beberapa penyebab umum dari aroma Miss V yang kurang sedap:

  • Vaginosis bakteri
  • Kurang menjaga kebersihan area kewanitaan
  • Tampon atau benda asing lainnya yang tertinggal di dalam liang Miss V dalam waktu yang relatif lama
  • Trichomoniasis

Penyebab lain yang lebih jarang yakni:

  • Fistula rectovaginal (adanya saluran abnormal yang menghubungkan Miss V dengan usus besar sehingga feses masuk ke Miss V)
  • Kanker serviks
  • Kanker vagina

Jika kamu khawatir dengan aroma yang tercium dari Miss V-mua, apalagi disertai dengan gejala lain seperti gatal, rasa panas, iritasi dan keputihan, segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri.

Sementara untuk mengurangi gejala yang muncul bisa dengan cara:

  • Mencuci kelamin bagian luar dengan sabun yang lembut dan air yang banyak terutama saat mandi.
  • Hindari penggunaan douche vaginal. Miss V yang sehat pasti mengandung bakteri dan jamur. Keasaman yang normal pada Miss V menyebabkan populasi jamur dan bakteri tersebut terkontrol. Namun, douching menyebabkan gangguan keseimbangan tersebut.
fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.