Kapan Bekas Luka Saya Hilang?

Pertanyaan:

Dok sya mw konsultasi, lengan tgn sya bnyk bekas luka bkar, slma 1 bln gda sya obati, skitar 3 bln k dpn sya cba pkai cream emc penghilang bkas luka n skitar 2 bln konsumsi suplemen herbal yg bgus buat kulit, bkas luka sya ud mulai brkurang sdkit2 tp proses ny lma bgt dok, kira2 bsa hilang gk ya dok sluruh bekas luka ny? Seandai ny bsa ilang it bth wktu brp bln ya dok?

Jawaban:

Kulit secara alami akan terus memperbaharui diri, artinya sel sel kulit yang mati akan segera diganti oleh sel sel kulit yang baru. Proses ini berlangsung selama kita hidup, meskipun seiring dengan bertambahnya usia, proses ini akan makin melambat. Perlambatan proses ini juga bisa terjadi akibat kulit diperlakukan dengan buruk, misalnya, malas merawat kebersihan kulit, jarang mengonsumsi makanan yang menyehatkan kulit dan kerap menggunakan zat kimia untuk perawatan kulit.

Bagaimana bila terjadi luka? Saat lapisan kulit terkoyak akibat luka, proses regenerasi kulit juga segera berlangsung seiring dengan proses penyembuhan luka. Sayangnya, proses regenerasi luka berlangsung lebih lambat bila dibandingkan dengan proses penyembuhan luka sehingga meskipun luka telah sembuh, masih akan meninggalkan bekas luka.

Bekas luka yang terjadi pun bervariasi tergantung dari dalamnya luka dan banyaknya jaringan kulit yang hilang saat luka. Makin dalam luka dan makin banyak jaringan kulit yang hilang maka bekas luka juga akan makin parah.

Hilangnya jaringan kulit juga menyebabkan tidak terjadinya proses regenerasi kulit sehingga menyebabkan bekas luka menjadi menetap alias tidak hilang.

Untuk menghilangkan bekas luka atau setidaknya memudarkan, saat ini ada banyak jenis krim yang dijual bebas di apotek. Prinsip kerja dari obat obatan ini adalah merangsang proses regenerasi kulit sehingga bekas luka akan makin pudar.

Lalu kapan bekas luka akan bisa hilang? Jawabannya kembali ke jenis bekas lukanya dan seberapa cepat proses regenerasi kulit yang bisa dibantu oleh obat obatan tersebut. Tidak ada angka pasti untuk hal ini dan sangat bervariasi untuk masing masing individu.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *