6 Langkah Sederhana Agar Tidur Lebih Berkualitas

tips pasutri

tips pasutri

Siapa sih yang tidak ingin bisa tidur dengan nyenyak di malam hari? Gak sedikit dari teman teman kita yang menganggap tidur itu sebagai sesuatu yang mahal. Mengapa begitu? Karena mereka sulit sekali untuk bisa tidur dengan nyenyak.

Bila kamu mengalami kesulitan tidur atau tidurmu selama ini kurang berkualitas, coba ikuti 6 langkah sederhana berikut.

Cobalah disiplin dengan jadwal tidur

Pastikan setiap malam kamu tidur selama 7 sampai 8 jam. Ini adalah lamanya tidur yang direkomendasikan oleh para ahli untuk orang dewasa agar tetap sehat. Jangan pula tidur berlebihan atau lebih dari 8 jam.

Cobalah untuk pergi tidur dan bangun pagi di waktu yang sama setiap hari termasuk hari libur. Dengan menyamakan waktu tidur dan waktu bangun ini setiap hari maka tubuh akan terbiasa dengan siklus tidur yang sehat.

Bila kamu belum terlelap lebih dari 20 menit setelah berbaring di tempat tidur, segera bangkit dari tempat tidur dan lakukan hal hal yang membuat rileks seperti mendengarkan musik atau membaca. Kembalilah ke tempat tidur setelah kamu merasa capek dan mengantuk. Lakukan hal ini berulang bila diperlukan.

Perhatikan apa yang kamu makan dan minum

Jangan pergi tidur saat perut lapar. Jangan pula berangkat tidur saat perut kekenyangan. Usahakan jangan makan terlalu banyak beberapa jam sebelum waktunya tidur. Bila kamu lakukan ini maka kamu gak akan nyaman saat tidur.

Nikotine, kafein dan alkohol adalah zat stimulan yang sebaiknya kamu hindari sesaat menjelang tidur. Ketiganya akan membuat kamu terjaga lebih lama. Memang sih alkohol bisa membuat kamu mengantuk, tetapi tidurmu tidak akan nyenyak nantinya.

Ciptakan suasana lingkungan yang nyaman

Cobalah menciptakan suasana kamar tidur yang benar benar nyaman untuk tidur. Memang sih tingkat kenyamanan tiap tiap orang berbeda, tapi biasanya kamar tidur yang temaram, sejuk dan sunyi adalah kamar tidur yang nyaman. Batasi paparan layar yang terang seperti televisi dan gadget menjelang waktu tidur. Lebih bagus lagi sih, jangan menaruh televisi di kamar tidur.

Batasi lamanya tidur siang

Tidur siang yang kelamaan bisa menganggu tidur di malam harinya. Jika kamu memang suka tidur siang, usahakan lamanya tidur siang gak lebih dari 30 menit.

Jika kamu kudu begadang untuk suatu alasan, cobalah untuk tidur siang agak sorean sehingga kamu memiliki tabungan tidur di malam hari.

Rutinlah bergerak

Aktivitas fisik yang rutin merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kualitas tidur. Tapi jangan melakukannya menjelang waktunya tidur.

Kelolalah rasa khawatir dengan baik

Cobalah untuk menjauhkan pikiran khawatir menjelang waktunya tidur. Simpanlah pikiran itu dan coba memikirkan kembali keesokan harinya.

Kamu mungkin butuh belajar mengelola stress untuk kondisi seperti ini. Cobalah dari hal hal mendasar dulu, misalnya membuat segalanya lebih teratur, atur hal hal yang menjadi prioritas dan delegasikan tugas tugas yang tidak bisa kamu kerjakan sendiri.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *