Ingin Sehat? Masaklah Makanan Di Rumah

Bingung mencari makanan sehat? Cobalah untuk memasak makanan di rumah. Demikian salah satu kesimpulan studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine.

Peneliti menanyakan kebiasaan makan selama seminggu ke lebih dari 400 orang dewasa yang tinggal di Seattle, Amerika Serikat. Data tersebut kemudian dihimpun lalu dimasukan ke dalam U.S. Department of Agriculture’s Healthy Eating Index (HEI) untuk dilakukan skoring.

Skor HEI sendiri antara 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai skor HEI menggambarkan pola makan yang makin sehat. Skor lebih dari 81 artinya pola makan yang sehat, skor 51 sampai 80 artinya pola makan masih perlu ditingkatkan, sedangkan skor kurang dari 50 artinya pola makan yang tidak sehat.

Keluarga yang memasak makanan di rumah tiga kali seminggu memiliki skor HEI rata rata 67, sedangkan keluarga yang memasak makanan di rumah 6 kali seminggu memiliki skor HEI rata rata 74.

Kesimpulan dari hasil studi ini adalah, memasak makanan secara rutin di rumah merupakan cara untuk mendapatkan pola makan yang lebih sehat dengan biaya yang lebih murah. Mengapa lebih sehat? Sebab makanan yang dimasak di rumah memiliki kandungan kalori, gula dan lemak yang lebih rendah.

Menurut Arpita Tiwari, salah seorang peneliti, peningkatan skor HEI selama ini dihubungkan oleh status sosial ekonomi, pendidikan dan pendapatan. Padahal kenyataannya, kebiasaan memasak makanan di rumah ditentukan oleh banyaknya jumlah anak anak yang tinggal di rumah. Studi ini tidak menemukan hubungan antara pendapatan keluarga atau pendidikan dengan kebiasaan makan di rumah atau di luar rumah.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *