9 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang kerap menghampiri kaum wanita. Penyebab tersering dari infeksi saluran kemih adalah hubungan seksual. Mengapa? Menurut data, 80% infeksi saluran kemih pada wanita muda terjadi beberapa saat setelah berhubungan intim.

Namun demikian, hubungan seksual bukanlah satu satunya penyebab dari infeksi saluran kemih. Beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan tanpa sadar juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih:

1. Dehidrasi

Saat malas minum, produksi urine juga akan berkurang, hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Buang air kecil adalah cara terbaik untuk mengeluarkan bakteri dari saluran kemih. Bila buang air kecilnya jarang maka bakteri akan lebih lama mondok di saluran kemih dan menimbulkan masalah disana. Minum yang banyak juga dianjurkan untuk mereka yang telah terinfeksi saluran kemih agar bakteri yang ada di saluran kemih cepat cepat keluar dari dalam tubuh.

2. Menahan kencing

Bila keinginan buang air kecil telah muncul, segeralah ke kamar kecil. Jangan menahan kencing yang menyebabkan bakteri berlama lama berada di dalam saluran kemih. Dianjurkan untuk buang air kecil setiap 2 sampai 3 jam meskipun belum ada keinginan untuk buang air kecil. Dianjurkan pula untuk buang air kecil setelah berhubungan intim.

3. Cebok atau mengelap dari belakang ke depan

Setelah pup atau buang air besar, jangan cebok atau mengelap dari belakang ke depan. Kebiasaan ini menyebabkan bakteri yang ada pada saluran cerna pindah ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

4. Mengenakan celana yang terlalu ketat

Celana yang terlalu ketat menyebabkan area anus mengalami iritasi sehingga bakteri yang ada disana bisa berpindah ke saluran kemih.

5. Memakai metode KB tertentu

Memakai metode KB diafragma akan menganggu pengosongan kandung kemih sehingga urine menjadi lebih lama berada di saluran kemih. Beberapa jenis spermisida juga menyebabkan perubahan pada pH vagina sehingga menyebabkan bakteri yang ada disana tumbuh lebih subur.

6. Salah memilih sabun mandi

Beberapa jenis sabun dapat mengiritasi area anus sehingga menyebabkan bakteri yang ada disana pindah ke saluran kemih. Pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit tanpa menimbulkan iritasi.

7. Terlalu banyak minum kopi, jus atau alkohol

Kopi, jus atau alkohol memaksa saluran kemih untuk mengeluarkan urine lebih sering (efek diuretik) sehingga menyebabkan terjadinya iritasi pada saluran kemih. Iritasi ini dimanfaatkan oleh bakteri untuk menginfeksi saluran kemih.

8. Memakai pakaian basah

Pakaian basah menyebabkan area kelamin menjadi lebih lembab sehingga menyuburkan pertumbuhan bakteri disana.

9. Tidak mencuci alat bantu seks

Jika memakai alat bantu seks yang tidak bersih dan mengandung bakteri maka bakteri yang ada pada alat ini bisa masuk ke dalam saluran kemih dan bisa menyebabkan infeksi.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman