Heboh! Bayi Lahir Berbentuk Ikan Duyung

tips pasutri

tips pasutri

Gambar diatas adalah foto seorang bayi yang menderita sindrom mermaid atau ‘Mermaid’s syndrome’. Sindrom ini ditandai dengan berbagai kelainan mulai dari bentuk wajah dan bentuk kaki yang hampir menyatu sehingga disebut dengan sindrom mermaid.

Jermkwan Krathumnat, 10 bulan asal Thailand, selain memiliki kedua kaki yang hampir menyatu (mirip ikan duyung), wajah dan mata kanan juga mengalami cacat bawaan. Menurut orang tuanya, Kwan, demikian bayi mungil ini dipanggil, juga memiliki kelainan berat berupa bibir sumbing. Sampai saat ini, dokter belum bisa mengidentifikasi jenis kelamin bayi ini.

Para ahli belum bisa memastikan apakah kombinasi dari kelainan yang diderita Kwan akan menimbulkan masalah kesehatan serius, namun karena kesulitan ekonomi, perawatan lebih lanjut dari kelainan yang diderita Kwan tidak bisa dilakukan sebagaimana mestinya.

Tim dokter berencana melakukan perbaikan pada langit langit mulut Kwan terlebih dahulu agar asupan makanan untuk pertumbuhan tubuh bayi tidak mengalami gangguan. Untuk perbaikan pada kedua kaki direncanakan setelah Kwan menginjak usia anak anak.

Sirenomelia atau dikenal dengan istilah sindrom mermaid adalah kelainan bawaan yang ditandai dengan gangguan pertumbuhan pada kaki berupa menyatunya kedua kaki disertai dengan rotasi ke arah dalam. Kelainan pada kaki ini menyebabkan kaki tampak seperti ekor ikan di dalam rahim saat dilakukan pemeriksaan USG.

Menurut para ahli, kelainan bawaan ini terjadi akibat dari gangguan aliran darah plasenta pada saat masa pembentukan organ janin di dalam kandungan. Gangguan aliran darah ini menyebabkan asupan oksigen dan zat makanan yang diperlukan saat pembentukan organ janin mengalami gangguan sehingga pembentukan organ janin menjadi tidak sempurna.

Kelainan ini sangat jarang, kejadiannya sekitar 1 dari 100.000 kelahiran, tapi angka kejadian bisa meningkat 100 kali lipat pada kehamilan kembar identik.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *