Akhirnya BlogDokter Menggunakan SSL

tips pasutri

tips pasutri

Bagi yang rajin mengunjungi blog ini, mungkin gak terlalu memperhatikan ada sedikit perubahan pada kolom alamat URL BlogDokter.Net. Yap, mulai pagi tadi BlogDokter.Net menggunakan perlindungan Secure Socket Layer atau disingkat SSL sehingga ada penampakan gembok berwarna hijau tepat di sebelah kiri URL BlogDokter.Net.

Secure Socket Layer (SSL) sendiri adalah protokol keamanan Internet oleh Browser-browser internet dan web server ketika mengirimkan informasi yang bersifat rahasia. Sebuah Sertifikat SSL akan membantu mengamankan transmisi data seperti kartu kredit, username dan password, melalui kekuatan dari proses enkripsi yang sangat kuat.

Lalu mengapa BlogDokter.Net menggunakan SSL padahal tidak ada transaksi elektronik di blog ini? Alasan menggunakan SSL sebenarnya bukan hanya soal keamanan transaksi elektronik, tetapi juga membangun kepercayaan pengunjung blog. Blog blog dengan tingkat keamanan tinggi tentu akan lebih dipercaya oleh pembaca bila dibandingkan dengan blog yang gak aman.

Dari informasi yang saya baca di internet, SSL juga meningkatkan peringkat suatu situs di mata Google. Peningkatan peringkat ini tentu akan berpengaruh pada SEO dan tampilnya blog tersebut di halaman pencarian Google. Bagaimanapun juga, sampai saat ini Google masih menjadi andalan bagi pemilik blog untuk mencari traffik pengunjung yang berasal dari mesin pencari.

BlogDokter.Net menggunakan sertifikat SSL gratisan (Let’s Encrypt SSL) yang disediakan oleh penyedia hosting. Pemasangannya pun sangat mudah di cPanel hosting yang kemudian dilanjutkan dengan pengaturan URL Blog di bagian pengaturan Dashboard WordPress. Agar semua halaman blog ini bisa diakses menggunakan https:// yang sebelumnya http://, saya menggunakan plugin Easy HTTPS (SSL) Redirection. Proses instalasi yang sangat mudah ini bahkan tidak memerlukan input kode di file wordpress.

Setelah proses instalasi SSL selesai, selanjutnya saya rebuild sitemap.xml blog ini agar semua URL di sitemap berubah dari http:// ke https:// sehingga saat Google melakukan pengindeksan baru maka yang diindeks adalah URL blog yang sudah https://.

Menurut beberapa teman yang sudah migrasi ke SSL, akan terjadi anjloknya traffik saat proses migrasi dan beberapa minggu setelahnya. Namun setelah itu traffik akan normal kembali dan ada pula yang mengalami peningkatan. Semoga BlogDokter.Net tidak anjlok terlalu jauh.

Oh ya, migrasi ke SSL juga saya lakukan di blog AsalTahuSaja.Com yang merupakan sempalan blog ini untuk informasi di luar dunia kesehatan.

Semoga perubahan ini bisa memudahkan para pembaca blog ini dalam mencari informasi dan BlogDokter bisa lebih bermanfaat.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *