Adakah Efek Buruk Membunyikan Sendi?

tips pasutri

tips pasutri

Pertanyaan:

Adakah dampak buruk dari kebiasaan “mengkretek2” sendi? Benarnya menyebabkan sendi aus. Terima kasih

Jawaban:

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, ada baiknya kita mengetahui mengapa sendi bisa bunyi saat digerakan. Di dalam sendi ada cairan sendi/pelumas dan gas untuk menjaga kestabilan sendi sehingga sendi bisa bergerak dengan leluasa tanpa rasa sakit. Bila pelumas dan gas ini berkurang maka tulang rawan yang ada pada ujung tulang yang membentuk sendi akan bergesekan sehingga menimbulkan keluhan.

Bunyi yang muncul saat sendi digerakan disebabkan oleh gelembung gas pada cairan sendi yang ‘pecah’. Jadi hal ini merupakan sesuatu yang wajar alias normal terjadi.

Nah, bagaimana jika sendi sering dibunyikan, apakah akan bermasalah? Tentu tidak karena yang dilakukan sejatinya adalah sesuatu yang normal pada sendi. Menjadi masalah jika cairan sendi berkurang sehingga ‘memaksa’ membunyikan sendi akan menyebabkan tulang rawan bergesekan dan menimbulkan keluhan. Jadi, selama sendi dalam kondisi sehat, tidak masalah sebenarnya sering sering membunyikan sendi.

Cuma hati hati bila membunyikan tulang leher (kerap dilakukan oleh tukang cukur saat pijat leher). Memaksa membunyikan sendi leher bisa menyebabkan masalah pada tulang leher. Sebagaimana kita tahu, pada tulang leher terdapat serat serat saraf yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Bila tulang leher patah atau dislokasi saat dibunyikan paksa bisa berakibat fatal.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *