Bisakah Perubahan Payudara Untuk Deteksi Kehamilan?

Pertanyaan:

Selamat siang…..sy mau tanya,sy sudah coba periksa kebidan,trus bidan tersebut bilang klo dilihat dari payudara sy,sy dah hamil.Akan tetapi sy jg sudah melakukan USG hasilnya blm ada kehamilan.

Jawaban:

Memuat...

Perubahan pada payudara memang bisa terjadi pada wanita hamil. Perubahan ini terjadi karena payudara mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI sebagai makanan utama bayi setelah dilahirkan. Bila dilihat secara fisik, perubahan payudara saat hamil berupa payudara makin membesar, demikian juga dengan puting payudara yang makin besar dan warnanya lebih gelap.

Apakah perubahan pada payudara ini bisa memastikan kehamilan? Tidak, karena pada kondisi kondisi tertentu diluar kehamilan, payudara perempuan juga bisa mengalami perubahan yang sama. Misalnya pada saat haid, radang pada jaringan payudara dan gangguan kehamilan.

Jadi kesimpulannya, pada wanita hamil pasti terjadi perubahan fisik pada payudara tetapi perubahan fisik payudara perempuan belum tentu merupakan tanda pasti kehamilan.

Baca juga: Tanda Tanda Kehamilan

Salah satu cara untuk memastikan kehamilan yang rutin dilakukan adalah dengan pemeriksaan USG. Dengan pemeriksaan USG akan terlihat secara kasat mata kondisi bagian dalam rahim dan penampakan janin di dalamnya. Jika dari hasil pemeriksaan USG tidak ditemukan adanya kehamilan maka meskipun payudara perempuan itu mengalami perubahan maka perempuan tersebut tidak bisa dikatakan hamil.

Nih buat jajan