1,7 Juta Anak Anak Meninggal Dunia Setiap Tahun Karena Polusi

Seperempat dari seluruh kematian anak anak yang berusia dibawah 5 tahun (balita) di seluruh dunia disebabkan oleh karena faktor lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan yang tidak sehat itu antara lain karena sumber air yang terkontaminasi dan polusi udara. Demikian menurut laporan terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Beberapa penyakit fatal pada anak yang disebabkan oleh polusi lingkungan hidup antara lain diare, malaria dan radang paru paru (pneumonia).

Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan mengatakan, “Polusi lingkungan sangat mematikan, khususnya pada anak anak. Mereka belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang memadai, ukuran tubuh yag lebih kecil dan saluran nafas yang pendek sehingga mudah mengalami dampak serius dari polusi lingkungan.”

Paparan lingkungan yang berpolusi bahkan sudah dimulai sejak anak anak masih berada di dalam kandungan. Paparan ini berlanjut sampai mereka menginjak masa kanak kanak. Kondisi ini menyebabkan risiko mereka menderita penyakit saluran nafas seperti radang paru paru dan asma mengalami peningkatan.

Anak anak juga terpapar zat kimia berbahaya dari makanan, air, udara dan produk produk lain yang ada di sekitar mereka.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman