Sekilas Tentang Liver

tips pasutri

tips pasutri

Liver atau hati adalah organ padat terbesar yang terdapat pada tubuh manusia. Liver letaknya di perut kanan atas tepat dibawah tulang rusuk kanan paling bawah.

Liver memiliki fungsi yang sangat kompleks. Liver berfungsi untuk membentuk protein, termasuk membentuk albumin (protein yang membantu menjaga keseimbangan volume darah) dan protein yang berfungsi sebagai faktor pembekuan darah. Liver juga berfungsi mensintesa, menyimpan dan mengolah lemak, termasuk asam lemak (digunakan untuk energi) dan kolesterol.

Liver bertugas memetabolisme dan menyimpan karbohidrat (sebagai sumber dari gula darah). Liver membentuk dan menghasilkan asam empedu yang di dalam saluran cerna berfungsi untuk menyerap lemak dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K.

Liver melindungi tubuh dari zat kimia tubuh dengan cara mengeliminasi dan memetabolisme atau mengeluarkannya dari dalam tubuh. Zat kimia yang dimetabolisme oleh liver adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh sendiri misalnya bilirubin, maupun zat kimia yang berasal dari luar tubuh misalnya dari makanan, alkohol, obat obatan dan racun lainnya.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.