Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Mencuci Tangan Di Rumah Sakit

3DA0101B00000578-4257334-image-a-1_1487960656597

Mencuci tangan adalah salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan di mana saja. Namun menurut studi terbaru dari Universitas Virginia, Amerika Serikat, mencuci tangan sebaiknya jangan dilakukan di rumah sakit. Mengapa? Karena tempat cuci tangan yang ada di rumah sakit rentan terkontaminasi bakteri yang kebal terhadap segala jenis antibiotika.

Bakteri yang kebal terhadap segala jenis antibiotika atau kerap disebut ‘super bug’ akhir akhir ini menjadi perhatian khusus para ahli bidang kesehatan karena berisiko menyebabkan penyakit yang susah disembuhkan. Bakteri ini muncul diduga karena penggunaan antibiotika yang serampangan sehingga menimbulkan kekebalan pada bakteri bakteri tertentu.

Rumah sakit sebagai tempat berkumpulnya orang sakit tentu memiliki populasi yang cukup tinggi termasuk di tempat tempat yang selama ini dianggap bersih. Ingat, tempat yang bersih belum tentu steril alias bebas kuman. Salah satu tempat yang dianggap bersih di rumah sakit adalah tempat cuci tangan, tapi studi terbaru ini membantah anggapan tersebut.

Bila memang hendak membersihkan tangan dari kuman saat berada di rumah sakit, gunakanlah hand sanitizer yang praktis bisa dibawa kemana mana. Hindari menggunakan tempat cuci tangan kalau memang ada alternatif lain.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *