AC Bisa Bikin Tidur Lebih Sehat Loh, Ini Alasannya

tips pasutri

tips pasutri

tidur

Air Conditioner (AC) sangat berguna ketika musim kemarau. AC membuat rumah tetap sejuk dan nyaman ketika udara panas mulai menyerang. Namun, ternyata AC memiliki manfaat lain selain menyejukkan diri Anda. Dengan menyalakan AC di malam hari, tidur Anda akan lebih nyenyak. Tidur dengan temperatur antara 15 hingga 20 derajat memiliki banyak manfaat bagi diri Anda. Hal ini dikarenakan temperatur ini membantu mengeliminasi kebutuhan tubuh untuk mendinginkan diri karena suhu sudah optimal.

Kita semua pasti pernah mengalami saat-saat ketika kita bangun di tengah malam, entah untuk menyelimuti diri atau kebalikannya, melepaskan selimut yang membuat diri kita terlalu panas. Ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan memaksakan tubuh kita untuk bangun dan menyesuaikan diri dengan kondisi suhu yang tidak ideal tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyalakan AC di suhu yang ideal jika kita ingin menikmati tidur yang nyenyak dan damai.

Sebelum melakukan hal itu, pastikan AC Anda terawat dengan baik dengan melakukan service AC secara rutin untuk mencuci dan membersihkan filter dan merawat bagian dalam AC lainnya dengan tukang service AC terpercaya.

Tidur Lebih Banyak Membuatmu Awet Muda

“Kulit dan seluruh tubuhmu mengalami masa perbaikan ketika Anda tidur.”

Pasti banyak yang pernah mendengar kalimat tersebut. Ada lebih banyak benefit bila kita tidur di suhu yang sejuk daripada sekedar “tidur dengan nyenyak.” Suhu antara 15-20 derajat celcius merangsang tubuh untuk mengeluarkan melatonine, hormon yang berperang dengan gejala penuaan. Keriput dan bintik gelap pada wajah dapat dicegah dengan melatonin, dan dengan suhu yang sejuk produksi melatonin akan semakin optimal. Beberapa benefit yang Anda dapatkan pada waktu malam dapat memberi efek kesehatan sepanjang hari.

Dengan tidur di suhu yang sejuk, Anda dapat memperbaiki pola tidur dan mendapatkan istirahat yang panjang tanpa interupsi. Salah satu benefit lain adalah Anda akan tetap fokus sepanjang hari. Apakah pikiran Anda sering kosong ketika sedang di kelas atau bekerja, dan tak mampu berkonsentrasi? Mungkin hal ini terjadi karena Anda kekurangan tidur. Oleh karena itu, tidur yang nyenyak dan panjang dapat mengembalikan konsentrasi Anda dan membuat Anda lebih fokus.

Tidur dan Penurunan Berat Badan

Tidur nyenyak juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Bila Ada memiliki pola tidur yang sehat serta kebiasaan makan dan olahraga yang baik, Anda dapat dengan mudah menghilangkan lemak-lemak yang tidak diinginkan. Sedangkan bila Anda sudah memiliki asupan dan olahraga yang baik namun pola tidur Anda tidak sehat, kemungkinan besar penurunan berat Anda bukan karena kehilangan lemak, namun massa otot. Banyak orang yang tidak memahami fakta di balik penurunan berat badan dan berasumsi bahwa asal berat turun maka kita akan lebih sehat. Namun, menjaga massa otot dan berkonsentrasi membakar lemak jahat adalah yang terpenting untuk penurunan berat badan yang sehat. Pola tidur yang konsisten dan damai dapat membantu hal itu.

Tidur yang Nyenyak Memperbaiki Mood

Meningkatkan mood secara keseluruhan adalah benefit lain dari tidur malam yang nyenyak. Pola tidur yang sehat mungkin tidak secara ajaib merubah sifat Anda, namun tidur yang berantakan dan tidak berkualitas akan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari dan menciptakan mood yang buruk. Jika Anda menikmati tidur yang nyenyak, Anda akan memperoleh energi positif dan motivasi yang lebih tinggi daripada biasanya. Anda pasti mengenal satu dua orang yang tidak dapat bekerja atau berbicara dengan lancar sebelum meminum secangkir kopi. Nah, tidur yang nyenyak akan memastikan Anda tidak akan menjadi seperti mereka.

Kesimpulannya, tidur di suhu yang lebih dingin dan sejuk baik untuk kesehatan mental maupun fisik Anda. Memproduksi melatonin, membakar lebih banyak lemak, dan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyan, juga meningkatkan mood dan motivasimu, adalah beberapa keuntungan yang harus kamu rasakan sendiri. Jadi, ayo nyalakan AC Anda di malam hari! Manfaatkan udara dingin AC Anda untuk memperoleh banyak benefit di atas! Tetap semangat dan sehat selalu! Smile

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.