Makanan Kaya Protein Membantu Menguatkan Otot

tips pasutri

tips pasutri

protein makanan

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Massachusetts, Amerika Serikat menyimpulkan, makanan kaya protein baik protein hewani maupun nabati, dapat membantu otot tetap besar dan kuat seiring dengan bertambahnya usia.

Lebih lanjut disebutkan, orang yang rajin mengonsumsi makanan berprotein tinggi memiliki massa otot quadriceps yang lebih besar dan tentu saja lebih kuat.

Protein hewani banyak terkandung dalam makanan seperti daging, ikan, unggas, telur dan susu sedangkan protein nabati banyak terdapat pada sayuran, biji bijian dan kacang kacangan. Konsumsi protein yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 0,8 gram protein per kilogram berat badan per hari. Misalnya orang dewasa dengan berat badan 70 kg, maka asupan protein per hari yang dianjurkan adalah sekitar 56 gram.

Protein memang dikenal dapat mempertahankan kepadatan tulang, kekuatan dan massa otot, tapi sampai saat ini masih belum jelas hubungannya dengan jenis makanan yang menjadi sumber protein. Misalnya, apakah orang yang mengonsumsi protein hewani akan mendapatkan manfaat yang sama dengan orang yang mengonsumsi protein nabati. Hubungan ini yang masih belum jelas.

Baca juga: Bisakah Alergi Ikan Disembuhkan?

Penelitian ini menggunakan data sampel sebanyak 2.986 pria dan wanita, yang berusia antara 19 sampai 72 tahun, yang kemudian ditanyakan tentang makanan yang mereka konsumsi dalam kurun waktu tahun 2002 sampai 2005.

Secara keseluruhan, sekitar 82% dari sampel mengonsumsi jumlah protein seperti yang dianjurkan. Protein yang mereka makan bersumber dari makanan cepat saji, susu, ikan, daging merah, ayam, susu rendah lemak dan kacang kacangan.

Peneliti selanjutnya menghubungkan antara konsumsi protein dengan massa dan kekuaran otot serta kepadatan tulang.

Studi ini dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *