Kerja Shift Malam Membuat Kesuburan Wanita Menurun

tips pasutri

tips pasutri

woman-lifting-heavy-weight_0

Menurut sebuah studi terbaru, wanita yang kerja shift malam atau shift kerjanya gak teratur berisiko mengalami penurunan kesuburan.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Harvard ini lebih jauh mengatakan, wanita pekerja malam atau bekerja dengan sistem shift lebih sedikit memiliki sel telur yang memiliki kemampuan untuk membentuk embrio yang sehat bila dibandingkan dengan wanita yang bekerja di siang hari.

Selain pekerja malam, wanita yang pekerjaannya sering mengangkat beban berat juga mengalami penurunan jumlah sel telur yang siap dibuahi sebanyak 15%.

Studi ini melibatkan dua kelompok wanita yang tengah menjalani program bayi tabung (IVF). Sebanyak 313 wanita yang telah melewati fase pertama program bayi tabung, dibandingkan dengan 473 wanita yang memeriksakan diri di sebuah klinik kesuburan lalu dianalisa data kondisi sel telurnya.

Dari analisa kondisi sel telur tersebut ditarik kesimpulan, wanita pekerja malam dan wanita yang kerap mengangkat beban berat memiliki jumlah sel telur yang siap dibuahi lebih sedikit bila dibandingkan dengan wanita yang bekerja di siang hari dan tidak melakukan pekerjaan mengangkat beban berat.

Para ahli menduga, penurunan kesuburan pada wanita pekerja malam dan yang kerap mengangkat beban berat disebabkan oleh stress yang dipicu oleh perubahan siklus jam tubuh dan kelelahan fisik.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.