Apakah Vitamin C Bermanfaat Untuk Melawan Flu?

tips pasutri

tips pasutri

Saat terserang cold dan flu, tidak sedikit yang mengonsumsi Vitamin C dengan harapan agar penyakitnya lekas sembuh. Banyak pula yang minum tablet Vitamin C secara rutin agar terhindar dari serangan cold dan flu. Benarkah Vitamin C bermanfaat untuk melawan cold dan flu?

Kalau dicari dengan seksama, ada banyak studi yang menyebutkan manfaat Vitamin C dalam melawan cold dan flu. Salah satunya adalah studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition edisi 2005. Studi ini menggunakan sampel sebanyak 305 orang yang diamati selama 5 tahun. Sampel ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama sebanyak 144 orang mengonsumsi Vitamin C dosis rendah (50mg sehari), sedangkan kelompok kedua sebanyak 161 orang mengonsumsi Vitamin C dosis tinggi (500mg sehari).

Ketika ada anggota dari kedua kelompok ini sakit, tidak ditemukan adanya perbedaan berat dan lamanya mereka sakit. Yang berbeda adalah seberapa sering mereka sakit. Kelompok yang mengonsumsi Vitamin C dosis tinggi lebih jarang sakit bila dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi Vitamin C dosis rendah.

Apakah hal ini merupakan berita gembira? Belum tentu. Peneliti pada studi diatas mengingatkan, mereka yang jarang sakit disebabkan karena mengonsumsi Vitamin C dosis tinggi secara rutin. Bila gejala cold dan flu sudah muncul, konsumsi Vitamin C menjadi sangat terlambat dan tidak begitu bermanfaat.

Ada lagi studi yang lebih besar tentang kekuatan Vitamin C melawan cold dan flu yang dilakukan tahun 2013. Studi ini dilakukan dengan metode meta analisis sebanyak 20 studi yang melibatkan 11.306 sampel sepanjang 70 tahun. Kesimpulannya, ada beberapa bukti yang menyebutkan konsumsi Vitamin C secara rutin dapat membantu mengurangi parahnya gejala cold dan flu, tapi hal ini tidak berlaku bila gejala cold dan flu telah muncul.

Kesimpulan studi diatas memang terdengar menyakitkan bagi mereka yang telah mengonsumsi Vitamin C dosis tinggi untuk meredakan gejala cold dan flu yang mereka rasakan.

Seberapa banyak sih konsumsi Vitamin C yang dianjurkan?

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, artinya Vitamin C tidak seberbahaya vitamin yang larut dalam lemak bila dikonsumsi secara berlebihan. Kelebihan Vitamin C akan dibuang melalui ginjal berupa urine.

Mengonsumsi Vitamin C lebih dari 1000mg setiap hari berisiko menyebabkan batu ginjal pada sebagian orang, meskipun hal tersebut sangat jarang. Bila yang dikonsumsi adalah Vitamin C yang berbentuk suplemen, pastikan juga jumlah Vitamin C yang masuk tubuh melalui makanan.

Berikut dosis maksimal Vitamin C yang dianjurkan:

  • Bayi sampai usia 12 bulan : belum diketahui dosisnya.

  • Anak usia 1 sampai 3 tahun : 400 mg

  • Anak usia 4 sampai 8 tahun : 650 mg

  • Anak usia 9 sampai 13 tahun : 1.200 mg

  • Remaja usia 14 sampai 18 tahun : 1.800 mg

  • Dewasa : 2.000 mg

Kelebihan konsumsi Vitamin C dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti diare, mual dan nyeri lambung. Kelebihan Vitamin C juga menyebabkan kadar zat besi dalam tubuh ikut ikutan meningkat yang berpotensi menyebabkan kerusakan organ tubuh.

Jadi, apakah konsumsi Vitamin C bermanfaat untuk melawan cold dan flu? Yap, bila dikonsumsi secara rutin disertai dengan pola hidup yang sehat. Dan usahakan mendapatkan Vitamin C dari makanan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.