Jenis Ikan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

tips pasutri

tips pasutri

Sebagai negara maritim, Indonesia kaya dengan ikan. Berbagai jenis ikan ada di perairan Indonesia. Ikan laut dan ikan air tawar begitu mudah di dapatkan di negeri ini.

Ikan juga merupakan salah satu makanan yang kaya dengan nilai gizi. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan terbukti bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan jantung dan otak.

Bagaimana dengan ibu hamil? Secara umum tidak dapa pantangan makan ikan untuk ibu yang sedang hamil. Bahkan ada yang menganjurkan ibu hamil untuk rajin makan ikan karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Sayangnya karena tingginya angka polusi pada air laut terutama kontaminasi zat merkuri, beberapa jenis ikan memiliki kandungan merkuri yang tinggi pada dagingnya. Ikan ikan yang tinggi kandungan merkurinya adalah ikan ikan besar yang hidup di laut dalam.

Baca juga: Tetap Sehat Selama Kehamilan

Merkuri sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh. Selain menyebabkan penyakit Minamata, merkuri juga berisiko menyebabkan berbagai jenis kanker dan gangguan pertumbuhan pada janin di dalam kandungan. Itu sebabnya ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat baru baru ini mengeluarkan panduan terbaru tentang jenis ikan yang boleh dimakan dan yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Berikut daftarnya:

Kalau dilihat daftarnya sih, masih lebih banyak ikan yang boleh dimakan ibu hamil bila dibandingkan dengan yang tidak boleh. Selamat makan ikan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *