Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Siapa sih yang gak jengkel dengan yang namanya jerawat? Apalagi jerawat memiliki kegemaran tumbuh dan berkembang di daerah wajah. Kecantikan dan kegantengan akan turun sekian persen bila jerawat tumbuh subur pada wajah.

Jerawat sendiri disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan dari kelenjar minyak. Peningkatan aktivitas kelenjar minyak ini umumnya disebabkan oleh tingginya kadar hormon androgen (hormonnya laki laki). Oh ya, meskipun hormon androgen sering disebut hormon laki laki, hormon ini juga ada pada perempuan.

Minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada lapisan bagian dalam kulit selanjutnya keluar melalui pori pori kulit. Bila proses pengeluaran ini lancar maka kulit akan tampak berminyak, tapi bila proses pengeluaran ini terhambat dan ada campur tangan bakteri disana maka terbentuklah yang namanya jerawat.

Kembali ke pertanyaan diatas, apakah makan kacang dapat menyebabkan jerawat?

Sampai detik ini para ahli belum bisa memastikan penyebab jerawat. Meskipun mekanisme terjadinya jerawat bisa dijelaskan seperti tulisan saya diatas, tapi apa yang menyebabkan aktivitas kelenjar minyak dan kadar androgen yang meningkat masih menjadi tanda tanya. Itu sebabnya ada orang yang sangat mudah berjerawat dan ada pula yang tidak.

Karena penyebab pastinya belum diketahui maka mitos yang mengatakan makan kacang dapat menyebabkan jerawat tentu saja akan gugur. Memang sih ada studi yang mengatakan ada faktor makanan yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat, namun tidak semua orang mengalami hal yang sama. Artinya, ada yang makan kacang satu butir lalu muncul jerawat, ada yang makan kacang satu karung, jerawat tidak muncul.

Jadi, jika setelah makan kacang, jerawat pada wajah bertambah parah silakan hindari kacang. Namun bila setelah makan kacang, jerawat tidak muncul maka lanjutkan makan kacang. Jangan hanya karena percaya dengan mitos makan kacang menyebabkan jerawat, kamu menjauhi yang namanya kacang.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *