Berkata Kasar Pada Dokter Bisa Mematikan

tips pasutri

tips pasutri

Orang tua mana yang tidak panik saat mendapati anaknya sakit, apalagi tidak mendapatkan pelayanan yang baik saat tiba di rumah sakit. Kondisi ini tentu saja sangat bisa dimengerti, namun menurut studi terbaru, komentar kasar orang tua kepada dokter saat di rumah sakit bisa berimbas buruk terhadap pelayanan dokter tersebut dan bahkan bisa berakibat fatal.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Pediatrics ini menghimpun data angka kematian anak yang terjadi di John Hopkins Hospital, Amerika Serikat. Dari seluruh kematian anak yang tercatat di rumah sakit tersebut, 250.000 diantaranya disebabkan oleh karena kesalahan medis. Dari data kesalahan medis tersebut, 20% karena dokter kurang tidur dan lebih dari 40% karena ketidakakuratan medis yang salah satunya karena orang tua pasien yang berkata atau bertindak kasar.

Menurut Amir Erez, seorang professor manajemen pada Universitas Florida, Amerika Serikat, tindakan atau kata kata kasar akan mempengaruhi sistem kognitif seseorang. Setiap dokter rata rata memiliki motivasi yang tinggi dalam mengobati pasiennya, tapi bila seseorang bertindak atau berkata kasar maka dokter tersebut tidak dapat berpikir dengan benar yang berujung pada kesalahan tindakan medis.

Dr. Jennifer Caudle, seorang dokter keluarga dan asisten professor di Universitas Rowan, Amerika Serikat, pernah mengalami masa masa menegangkan saat harus berdebat dengan orang tua pasien karena perbedaan cara pandang dalam suatu tindakan medis. Karena mampu mengendalikan diri, Caudle berhasil mengatasi persoalan tersebut dan tetap bertindak pada prosedur medis yang benar sehingga pasien tetap memperoleh pelayanan medis yang tepat.

 

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.