Ilmuwan Berhasil Temukan Organ Tubuh Yang Baru

tips pasutri

tips pasutri

Ya, organ baru tersebut adalah Mesenterium atau Mesentery. Organ ini terletak di sela sela usus dan rongga perut (abdomen) yang memegang isi perut agar tetap dalam posisinya.

Mesenterium sendiri bukanlah barang baru. Dulunya, para ahli anatomi menganggap, Mesenterium terdiri dari beberapa segmen jaringan, bukan satu struktur yang memiliki fungsi vital agar layak disebut dengan organ tubuh.

Studi terakhir yang dilakukan oleh beberapa dokter di Universitas Limerick, Irlandia, mengukuhkan Mesenterium sebagai sebuah organ tubuh. Mesenterium sendiri berawal dari pankreas, selanjutnya menyelubungi usus halus dan usus besar. Karena fungsi utamanya memegang isi perut maka tanpa Mesenterium, organ yang ada di dalam perut tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Menurut Dr. J. Calvin Coffey, spesialis bedah digestive dari Universitas Limerick, yang sekaligus menjadi pimpinan studi ini, manusia tidak akan bisa hidup tanpa Mesenterium dan tidak ada satupun homo sapien yang tercatat bisa hidup tanpa adanya Mesenterium.

Masih menurut Coffey, dengan memahami apa dan bagaimana sistem pencernaan bekerja maka akan terbuka jalan untuk lebih mengerti tentang penatalaksanaan penyakit penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti Crohn’s dan irritable bowel syndrome.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Lancet Gastroenterology & Hepatology.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.