Bahayakah Berhubungan Intim Saat Hamil?

Anda bertanya:

Selamat siang dok,dok mau konsultan jika berhubungan intim saat usia kehamilan 2 bulan bahaya engga?

Saya menjawab:

Berhubungan seksual merupakan salah satu aktivitas pokok yang dilakukan pasangan suami istri. Selain untuk memperoleh keturunan, hubungan seksual juga penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Bagaimana dengan berhubungan seksual saat hamil?

Secara umum, dokter tidak melarang hubungan seksual yang dilakukan saat wanita sedang hamil. Janin di dalam kandungan dilindungi oleh selaput ketuban yang kuat dan otot otot rahim yang kokoh untuk menjamin keamanan janin saat aktivitas hubungan seksual.

Tapi ada syarat yang harus dipenuhi sebelum ibu hamil melakukan hubungan seksual, yakni kehamilannya dalam kondisi sehat dan tidak memiliki riwayat kehamilan yang buruk sebelumnya. Untuk itu perlu kiranya ibu hamil menanyakan ke dokter atau bidan tentang boleh tidaknya berhubungan seksual saat kontrol kehamilan yang pertama kali.

Begitu juga dengan umur kehamilan, selama kehamilannya sehat dan tidak memiliki riwayat kehamilan yang buruk, hubungan seksual bisa dilakukan saat umur kehamilan berapapun.

Patut dicatat, kondisi tubuh ibu hamil tidaklah sama dengan ibu yang tidak hamil, kenyamanan menjadi faktor yang utama. Pilihlah posisi hubungan seksual yang nyaman untuk ibu hamil. Jangan memilih gaya hubungan seksual yang aneh aneh yang justru membuat ibu hamil tidak nyaman. Jika perutnya sudah besar, pilihlah posisi hubungan seksual miring atau nungging.

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

loading...