Dokter Cewek Lebih Baik Daripada Dokter Cowok.

tips pasutri

tips pasutri

Menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine, dokter cewek menawarkan perawatan pasien yang lebih baik bila dibandingkan dengan dokter cowok.

Kesimpulan ini ditarik setelah mengamati data kunjungan pasien yang ada pada Medicare-nya Amerika Serikat selama 4 tahun.  Dari sekitar 1,5 juta data kunjungan pasien, mereka yang dirawat oleh dokter cewek memiliki angka kematian dan angka kunjungan kembali yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pasien yang dirawat oleh dokter cowok.

Dari data ini, bila dokter cowok mampu merawat pasien sebaik dokter cewek maka diperkirakan 32.000 pasien bisa diselamatkan dari kematian setiap tahun.

Sebelumnya memang ada beberapa studi yang membandingkan perbedaan gender dalam industri kesehatan. Cewek umumnya lebih disiplin mengikuti prosedur klinis dalam merawat pasien bila dibandingkan dengan cowok.

Meskipun beberapa studi menyebutkan bahwa perawatan medis yang dilakukan oleh dokter cewek lebih baik daripada dokter cowok, tapi karena dokter cewek lebih banyak diganggu oleh aktivitas di rumah tangga, kehamilan dan melahirkan sehingga hal hal tersebut lebih diutamakan dalam pemberian gaji. Sebagaimana diketahui, di Amerika Serikat, gaji dokter cewek lebih rendah bila dibandingkan dengan dokter cowok.

Sayangnya, studi terbaru ini gagal menjelaskan mengapa pasien yang dirawat oleh dokter cewek bisa hidup lebih lama. Menurut Vineet Arora, seorang asisten profesor di Universitas Chicago, kemungkinan hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena memang dokter ceweknya lebih bagus dalam merawat pasien, bisa juga karena reaksi pasien saat dilayani oleh dokter cewek.

Meskipun demikian, studi ini berhasil mematahkan mitos yang mengatakan dokter cowok lebih bagus daripada dokter cewek sehingga dokter cewek lebih memiliki alasan untuk memperjuangkan kesetaraan dalam hal pendapatan.

NB: Studi ini dilakukan di Amerika Serikan sehingga dalam hal pendapatan sepertinya berbeda dengan di Indonesia. Kalau tidak salah, di Indonesia tidak ada perbedaan gaji antara dokter cowok dengan dokter cewek. 🙂

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.