7 Manfaat Jahe Bagi Tubuh Manusia

tips pasutri

tips pasutri

Siapa yang gak mengenal jahe? Jahe merupakan salah satu umbi umbian yang selalu menemani para ibu saat masak di dapur. Yap, hampir semua menu masakan khas Indonesia mengandung jahe. Aroma jahe yang sangat khas ikut membangkitkan selera makan saat perut mulai keroncongan.

Jahe juga kerap disajikan dalam bentuk wedang jahe. Minuman khas Indonesia untuk sekedar menghangatkan badan atau bila sedang mengalami masalah di tenggorokan.

Tapi tahukah kamu, ternyata jahe juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaat jahe bagi tubuh manusia:

Meredakan nyeri otot

Jahe mengandung zat yang disebut gingerol, zat ini dikenal memiliki manfaat sebagai pereda nyeri dan anti radang. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Pain menyebutkan, mengunyah sedikit jahe setiap hari dapat menurunkan proses inflamasi di dalam tubuh dan membantu meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh cidera saat berolahraga. Studi yang lain menyebutkan, mengonsumsi jahe setelah berolahraga dapat membantu mencegah nyeri otot sehari setelah berolahraga.

Meredakan nyeri haid

Studi menyebutkan, jahe memiliki efektivitas yang mirip dengan ibupropen saat digunakan untuk meredakan nyeri haid (dismenore). Nyeri haid yang dialami wanita akan sangat berkurang bila mereka mengonsumsi jahe 3 hari pertama dari siklus haid.

Meredakan nyeri radang sendi (arthritis)

Jahe juga efektif untuk meredakan nyeri pada penderita radang sendi (osteoarthritis dan rheumatoid arthritis).

Meredakan gejala mual muntah saat hamil

Beberapa studi menyebutkan, jahe cukup efektif untuk membantu wanita hamil yang mengalami gejala mual dan muntah saat hamil muda.

Mengobati mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan memang masih misteri karena ada orang yang mudah mengalaminya, ada pula yang tidak. Mengonsumsi jahe dapat membantu orang orang tertentu yang mengalami mabuk perjalanan. Bagaimana mekanisme jahe bisa mengobati mabuk perjalanan ini masih misteri tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca juga: Tips Mencegah Mabuk Laut/Darat

Meredakan mual

Selain mual akibat hamil muda dan mabuk perjalanan, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi mual yang disebabkan oleh sebab lain. Jahe bahkan bisa meredakan mual yang terjadi saat kemoterapi, asal dikonsumsi secara rutin sebelumnya.

Mencegah kanker

Jahe mengandung zat yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Zat zat ini penting bagi tubuh untuk mengusir radikal bebas yang merupakan salah satu faktor risiko kanker. Jahe terutama bermanfaat untuk mencegah kanker yang terjadi di saluran pencernaan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.