Merokok Saat Hamil Berhubungan Dengan Kerusakan Ginjal Anak

tips pasutri

tips pasutri

ibu hamil merokok

Anak anak yang terlahir dari ibu perokok terutama saat hamil mengalami peningkatan risiko kerusakan ginjal, demikian hasil dari sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology edisi 22 Desember 2016.

Kesimpulan ini didapat setelah dilakukan penelitian terhadap peningkatan kadar protein urine pada 44.600 anak anak di Jepang yang diikuti perkembangan fungsi ginjalnya sampai usia 3 tahun.

Hampir 5 persen dari ibunya anak anak tersebut berhenti merokok setelah hamil dan sekitar 17 persen melanjutkan merokok selama kehamilan.

Anak anak yang ibunya merokok selama kehamilan, 1,24 kali lebih berisiko mengalami kerusakan ginjal bila dibandingkan dengan anak anak yang ibunya tidak merokok.

Meskipun penelitian ini menemukan hubungan antara merokok selama kehamilan dengan kerusakan ginjal pada anak, tapi belum bisa membuktikan adanya hubungan sebab akibat diantara kedua faktor tersebut.

Selama ini merokok saat kehamilan memang kerap dihubungkan dengan kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan gangguan oksigenasi pasca persalinan, kesimpulan dari studi terbaru ini akan menambah daftar risiko yang bisa terjadi pada anak anak yang lahir dari ibu ibu hamil yang merokok.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.