Sakit Mata Menular Melalui Tatapan Mata?

tips pasutri

tips pasutri

konjungtivitis

Entah kenapa akhir akhir ini saya senang banget membahas tentang mitos mitos kesehatan yang beredar di kalangan masyarakat. Mulai dari persoalan darah perawan, minum es bikin darah haid membeku dan lain lain.

Untuk kali ini saya akan membahas tentang mitos yang cukup beken yakni larangan menatap orang yang sedang sakit mata merah agar tidak tertular. Benarkah mitos itu?

Sakit mata merah atau dalam istilah medisnya disebut Konjungtivitis adalah radang pada selaput bening mata (konjungtiva) yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur dan lain lain. Gejala yang muncul saat seseorang menderita Konjungtivitis bervariasi sesuai dengan kuman yang menyebabkan. Tapi secara umum, gejalanya berupa selaput bening mata berwarna merah, terasa ada yang mengganjal di mata, mata sakit, gatal, bengkak dan berair. Penderita Konjugtivitis tidak mengalami masalah dalam penglihatan alias masih bisa melihat dengan baik.

Konjungtivitis merupakan penyakit yang sangat menular. Penularan terjadi saat kuman yang ada pada mata yang sakit pindah ke mata yang sehat. Perpindahan ini bisa terjadi pada mata kanan ke mata kiri atau sebaliknya pada satu orang maupun dari satu orang ke orang lain.

Bagaimana kuman penyebab Konjungtivitis ini bisa pindah?

Yang paling sering adalah melalui bantuan tangan. Karena mata yang sakit terasa gatal dan ada sesuatu yang mengganjal, penderita Konjungtivitis kerap memegang matanya yang sakit baik secara sengaja maupun tidak. Nah, setelah memegang mata yang sakit ini, tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, penderita memegang matanya yang sehat maka BINGGO!!! mata yang sehat sekarang menerima kiriman kuman dari mata yang sakit.

Bila tangan yang banyak mengandung kuman penyebab sakit mata ini kemudian bersalaman dengan orang lain dan orang tersebut secara tidak sengaja memegang matanya maka BINGGO!!! kuman sekarang pindah ke orang lain. Demikianlah proses perpindahan kuman penyebab sakit mata.

Karena kuman penyebab sakit mata ini sangat infeksius dan proses perpindahan yang berlangsung sangat cepat maka sakit mata bisa menjadi wabah terutama pada anak anak sekolah. Tahu sendiri kan bagaimana anak anak saat bermain bersama teman temannya, mereka saling pegang tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Rajin mencuci tangan menjadi hal yang penting disini untuk mencegah penularan sakit mata.

Proses penularan sakit mata yang saya jelaskan diatas sekaligus bisa membantah mitos yang mengatakan sakit mata ditularkan melalui pandangan mata. Mudah mudahan bisa memahaminya. 🙂

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *