Tips Memilih Alat Pengukur Gula Darah

tips pasutri

tips pasutri

Alat ukur gula darah menjadi seuatu yang wajib dimiliki oleh penderita diabetes melitus. Mengapa wajib? Karena dengan alat ini, penderita diabetes bisa memantau kadar gula darahnya setiap hari sehingga perkembangan penyakitnya bisa diikuti dan cepat kontrol ke dokter bila ditemukan kadar gula darah yang tidak wajar.

Bagi penderita diabetes yang mendapatkan pengobatan dengan suntik insulin, pengukuran kadar gula darah sangat penting untuk menentukan dosis obat. Bila kadar gulanya tinggi maka dosis obat insulin bisa dinaikan, demikian juga sebaliknya bila kadar gulanya drop maka dosis insulin juga harus disesuaikan.

Sayangnya, tidak semua penderita diabetes memiliki alat pengukur kadar gula darah. Alasannya macam macam, mulai dari harga yang mahal sampai dengan tidak paham tentang alat tersebut termasuk bentuk dan cara penggunaannya.

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pegangan saat akan membeli alat pengukur kadar gula darah:

Tanggungan Asuransi

Ini hubungannya dengan biaya, coba tanya dulu fasilitas yang anda terima dari asuransi kesehatan yang anda ikuti. Apakah termasuk alat pengukur kadar gula darah. Kalau memang ditanggung, silakan membeli alat pengukur gula darah sesuai dengan yang ditanggung ole asuransi kesehatan tersebut.

Harga

Bila asuransi kesehatan anda tidak menanggung alat pengukur gula darah maka yang menjadi pertimbangan berikutnya adalah harga dari alat tersebut. Pilihlah alat yang sesuai dengan kemampuan kantong anda. Ingat, selain membeli alatnya, pengukur gula darah juga menggunakan strip yang bisa dibeli terpisah.

Kemudahan Pemakaian dan Perawatan

Di pasaran, alat pengukur gula darah banyak macamnya. Ada yang mudah digunakan, ada pula yang agak rumit. Pilihlah alat yang mudah anda gunakan dan dalam pemakaiannya juga mudah dilakukan perawatan. Pilihlah alat yang layarnya lebar dan huruf yang tercantum di dalamnya mudah untuk dilihat. Perhatikan juga kemudahan saat meneteskan darah pada strip ukur. Bertanyalah sebanyak banyaknya pada penjual alat, bila perlu minta penjual untuk mendemonstrasikan pemakaian alatnya.

Fitur Khusus

Tanyakan ke penjual tentang fitur khusus yang dimiliki alat tersebut. Misalnya, tombol yang bisa digunakan satu tangan, layar yang sesuai dengan cahaya lingkungan, ketersediaan audio dan lain lain.

Memori Penyimpanan

Pilihlah alat yang memilliki memori penyimpanan sehingga riwayat pemeriksaan kadar gula darah tercatat dengan baik tanpa perlu mencatat kembali pada kertas.

Dukungan

Pilihlah alat yang memberikan dukungan pengaduan saat konsumen mengalami kesulitan dalam penggunaan alat tersebut. Perhatikan juga apakah alat tersebut menyertakan manual yang bisa dibaca saat pemakaian alat.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.