Ini Bedanya Kanker Ganas Dengan Tumor Jinak

kanker

Pernah mendengar tentang penyakit kanker? Pasti pernah ya. Mendengar orang menyebut kata kanker saja sudah membuat badan merinding apalagi divonis dokter menderita kanker.

Kanker memang masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar penduduk dunia. Selain banyak jenis kanker yang belum diketahui penyebabnya, pengobatan kanker pun sampai saat ini belum begitu memuaskan.

Istilah kanker sendiri sejatinya digunakan untuk menyebut tumor atau pertumbuhan sel tubuh abnormal yang sifatnya ganas. Sedangkan untuk yang jinak kerap hanya disebut dengan istilah tumor atau tumor jinak.

Apa sih bedanya?

Tumor Jinak

Tumor jinak (benign) adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal tapi tumbuhnya bersifat lokal atau tidak menyebar ke jaringan atau organ tubuh yang lain. Meskipun disebut tumor jinak, kadangkala juga bisa berbahaya terutama bila pertumbuhan sel ini menekan organ disekitarnya misalnya tumor jinak pada otak.

Tumor Ganas atau Kanker

Sedangkan tumor ganas (malignant) atau kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal dan memiliki kemampuan untuk menyebar atau invasif ke jaringan atau organ tubuh yang lain. Proses ini dikenal dengan sebutan metastasis. Nah, kemampuan metastasis ini merupakan fitur kunci dari sebuah kanker. Ada beberapa perbedaan tingkat keganasan tergantung dari asal dari sel kanker.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *