Benarkah Diet Karbo Menurunkan Berat Badan?

tips pasutri

tips pasutri

Karbohidrat atau lebih beken disebut karbo adalah zat makanan sumber energi utama tubuh. Ibarat kendaraan, karbo adalah bahan bakar yang membuat mesin kendaraan hidup dan bertenaga. Tanpa karbo, tubuh akan kekurangan energi sehingga tidak mampu bekerja optimal sepanjang hari.

Secara sederhana, karbo dibagi menjadi dua jenis yakni karbo sederhana dan karbo kompleks. Disebut karbo sederhana karena tubuh gak memerlukan proses panjang untuk memanfaatkannya sebagai energi, sebaliknya karbo kompleks memerlukan proses yang lebih panjang untuk bisa diubah tubuher menjadi energi.

Karbo sederhana misalnya gula, nasi, tepung tepungan dan lain lain. Sedangkan karbo kompleks misalnya sayur sayuran, buah buahan, serat dan lain lain.

Oh ya, selain karbo, zat makanan yang juga sebagai sumber energi adalah lemak dan protein, tapi karena sifatnya yang lebih rumit, kedua zat makanan ini tidak terlalu signifikan dalam meningkatkan energi tubuh dan porsi yang kita makan pun tidak sebanyak karbo.

Baca juga: 10 Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

Lalu bagaimana dengan diet karbo?

Diet karbo sejatinya tidak masalah sepanjang bisa memilih dan memilah karbo yang akan masuk perut berikut porsinya. Pilihlah makanan yang masuk ke dalam kelompok karbo kompleks sebab karbo jenis ini selain mengandung kalori juga kaya dengan serat yang dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan pencernaan. Serat juga membantu menurunkan berat badan. Nah, sambil menyelam bisa minum air kan?

Yang salah adalah, diet karbo yang mewajibkan seseorang pantang makan segala jenis karbo. Saya tidak menyarankan program diet yang meniadakan satu atau beberapa zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Meskipun karbo sederhana yang kalorinya tinggi mampu menaikan berat badan, saat melaksanakan program diet, karbo sederhana masih bisa dimakan, tentu dengan porsi yang sangat minimal.

Meniadakan satu atau banyak zat gizi dalam program diet hanya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gizi penting yang dibutuhkan agar tubuh bisa berfungsi optimal. Alih alih bisa kurus, yang ada malah jatuh ke dalam kondisi malnutrisi.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.